7 Desa Memilih Kades Baru Hari Ini - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 7 Desa Memilih Kades Baru Hari Ini

7 Desa Memilih Kades Baru Hari Ini

Written By Angga Praditya on Kamis, 07 Desember 2017 | 13.00.00

PURWAKARTA,RAKA- Tujuh desa bakal memilih kepala desa hari ini. Pelaksanaan pilkades dilakukan serentak ditiap desa. Semua persiapan telah disiapkan dengan maksimal sehingga pilkades bisa dilaksanakan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta Panda Dinata mengatakan, kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di tujuh desa di lima kecamatan di wilayah tersebut sudah mencapai seratus persen. "Siap digelar, Kamis, 7 Desember 2017. Mulai dari persiapan pengamanan dan teknis lainnya sudah tidak ada kendala, nanti dinas akan turunkan tim untuk lakukan monitoring bersama pihak terkait lainnya," ujar Panda, Rabu (6/12).
Diketahui, desa-desa yang akan menggelar pilkades serentak diantaranya adalah Desa Jatimekar dan Mekar Galih Kecamatan Jatiluhur, Desa Linggarsari, Liung Gunung Kecamatan Plered, Desa Sukajadi Kecamatan Pondoksalam, Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong dan Desa Cianting Kecamatan Sukatani. Sebelumnya pilkades dengan PAW telah digelar di Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani. "Kita berharap, semuanya bisa berjalan aman, tertib, lancar dan berkualitas. Artinya, hajatan demokrasi di tingkat desa ini bisa menghasilkan pemimpin- pemimpin pilihan rakyat yang berkualitas. Tentu saja dengan jumlah partisipasi masyarakat yang maksimal. Inikan hajatannya masyarakat di desa, semua yang sudah memiliki hak pilih, hendaknya bisa menentukan pilihannya," katanya.
Sementara, berkenaan dengan pembiayaan pilkades, Panda mengungkapkan, masih seperti tahun sebelumnya, sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah daerah yang berasal dari APBD. "Anggaran yang disediakan pemerintah untuk pemilihan kepala desa sebesar Rp15.000 per hak pilih," ujarnya.
Sementara itu, guna mengamankan pilkades, Polres Purwakarta melaksanakan apel pasukan, di Lapang Mako Polres Purwakarta, Rabu (6/12). Apel tersebut langsung di pimpin oleh Kapolres Purwakarta AKBP Dedy Tabrani, S.I.K, M.Si itu, dan diikuti oleh personil Polres Purwakarta, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purwakarta. "Apel ini dimaksudkan untuk mempersiapkan pasukan dengan memberikan arahan-arahan tentang situasi pengamanan dan juga SOP dari setiap anggota dalam melakukan pengamanan, mulai dari tahapan hingga pelaksanaan pilkades," ujarnya.
Dedy menekankan, kepada anggotanya untuk melakukan pengamanan harus dengan sungguh-sungguh. Sebab hal ini merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat yang harus dilaksanakan dengan baik. "Sehingga terciptanya keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, saya berharap semua kondusif dan berjalan sesuai rencana, " harapnya.
Pelaksanaannya pengamanan pilkades akan dilakukan dalam waktu dua hari yaitu mulai hari Rabu (5/12) sampai dengan Kamis (7/12). Sementara, dihubungi terpisah, Ketua pelaksana Pilkades Kecamatan Plered Suryana mengatakan, untuk pelaksanaan pilkades di Kecamatan Plered persiapannya sudah 100 persen,  tinggal pelaksanaannya saja hari ini. "Di Kecamatan Plered dua desa yang akan melaksanakan Pilkades yakni,  Desa Liunggunung dan Desa Linggarasi, tiap desa masing-masing memiliki dua calon, " singkatnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template