6250 Kg Benih Subsidi Dijual - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 6250 Kg Benih Subsidi Dijual

6250 Kg Benih Subsidi Dijual

Written By Angga Praditya on Sabtu, 02 Desember 2017 | 13.30.00

Gapoktan: Sudah Berdasar Kesepakatan

JAYAKERTA, RAKA- Gagal panen menghantui petani Kabupaten Karawang, hampir seluruh Kecamatan Wilayah Utara terkena dampak serangan hama Wereng Batang Coklat (WBC). Tidak terkecuali di desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Jayakerta. Kendati pun dalam keadaan seperti ini, oknum Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) malah menjual bibit yang disubsidi oleh pemerintah tersebut. Tak tanggung-tanggung, 6250 kilogram bibit bersubsidi pemerintah dijual dengan harga Rp 4800 perkilogram.
Pejabat Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pertanian Kecamatan Jayakerta yang enggan disebutkan namanya mengaku, telah menerima laporan tersebut dari beberapa petani. Bahwa benih bantuan dari pemerintah telah dijual oleh oknum Gapoktan. “Saya sudah denger rumor itu dari beberapa petani,” ujarnya, kepada Radar Karawang, Kamis (30/11) dikediamannya.
Dirinya mengaku sangat menyesalkan atas kejadian tersebut, pasalnya benih bantuan pemerintah tersebut disubsidi untuk digunakan para petani. Namun ada segelintir orang gapoktan malah dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.
Ketua Gapoktak Desa Kemiri Ade Solihin mengatakan, dirinya berinisiatif menjual bibit bersubsidi tersebut atas kesepakatan dari kelompok tani. Karena, jenis benih yang diterima adalah IR 64 yang sudah tidak ditanam lagi oleh para petani di Kecamatan Jayakerta. Sehingga, benih yang diterima oleh petani bila tidak di jual akan mubazir dan tidak bermanfaat. “Kita gak menggunakan bibit IR 64, kesepakatan antar petani, kita jual dan dibelikan dengan varietas lain,” akunya.
Selebihnya, uang dari hasil penjualan benih tersebut dipakai untuk membeli benih baru dengan jenid atau parietas di herang, yang bisa di manfaatkan oleh petani. “Karena sesuai denga kondisi benih yang sekarang ditanam oleh petani Kecamatan Jayakerta,” kilahnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template