50 Penyelam Diterjunkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 50 Penyelam Diterjunkan

50 Penyelam Diterjunkan

Written By Admin Raka on Sabtu, 23 Desember 2017 | 11.00.00

Hari Kedua Pencarian Korban Perahu Tenggelam Nihil

PURWAKARTA,RAKA - Hari kedua proses pencarian enam korban perahu tenggelam di Danau Cirata, tepatnya di Kampung Rawataal DesaTelaldatar Kecamatan Maniis, masih terus dilakukan. Pencarian lanjutan di hari kedua dimulai sejak pukul 06.00 WIB, setelah malam sebelumnya dihentikan karena alasan keselamatan. Namun, hingga pukul 17.00  WIB, Jumat (22/12), upaya tim SAR belum membuahkan hasil, meski Tim Operasi SAR Rawa Taal menerjunkan sejumlah petugas dengan peralatan lengkap.
Lokasi tenggelamnya perahu berukuran sekitar 2x3 meter berbahankan piber ini, berada di sekitar zona KJA di Bendungan Cirata dengan kedalaman sekitar 55 Meter. Total, ada sekitar 20 orang yang berada di sekitar lokasi kejadian. Perahu dengan 14 penumpang tenggelam. Informasi yang dihimpun di Desa Tegal Datar Kecamatan Maniis menyebutkan, perahu kelebihan muatan. Enam korban hilang atau belum ditemukan bernama Erus (40), Iat  (40), Siti Nurhasanah (13) serta satu suami istri dan anak bernama Cicah (40), Dadang (50) dan Dudun (13).
Dari keterangan saksi mata Rizal (25), warga Ciramahilir, Kecamatan Maniis mengaku dirinya melihat persis ketika perahu tersebut akan tenggelam. "Awalnya saya mendengar suara jeritan penumpang pas dilihat perahu nyungsep kedepan lalu saya bergegas untuk menolong para korban," kata pria penjaga kolam jaring apung itu.
Kepala Kantor Basarnas Jawa Barat Riyadi mengungkapkan, banyak kendala lapangan yang harus dihadapi tim SAR dalam proses pencarian korban, di antaranya kedalaman Waduk Cirata hingga 56 meter yang memaksa penyelam untuk menyelam secara bertahap dari mulai 5 meter, 10 meter, hingga 15 meter. Selain itu, cuaca yang tidak menentu seperti turun hujan harus menghentikan operasi pencarian. "Kami memperluas radius pencarian hingga 200 meter dari lokasi insiden tenggelamnya perahu. Sampai saat ini pencarian masih nihil. Tapi kita terus intensifkan pencariannya," kata Riyadi.
Jumlah penyelam yang disiapkan sebanyak 50 orang dengan sistem shift. Untuk  hari ini diterjunkan sebanyak enam orang. Tugasnya dua menyelam dan empat standby di atas perahu. Terkait dengan waktu pencarian, dia menyebutkan, sesuai standard operational procedure (SOP) selama tujuh hari. Setelah melewati batas waktu itu, pencarian dihentikan yang kemudian dievaluasi guna menentukan apakah diperpanjang atau tidak.
Sementara, Incident Commander Operasi Rawa Taal Letkol Inf Ari Maulana mengatakan, seluruh potensi SAR terus dimaksimalkan guna menemukan enam korban perahu karam. "Tidak hanya SAR, anggota TNI pun dilibatkan terutama anggota dari Koramil setempat. Kami berharap upaya pencarian ini bisa membuahkan hasil," kata Dandim. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template