3 Km Jalan Tanjungbaru Masih Rusak Parah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 3 Km Jalan Tanjungbaru Masih Rusak Parah

3 Km Jalan Tanjungbaru Masih Rusak Parah

Written By Angga Praditya on Rabu, 06 Desember 2017 | 12.15.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Gara-gara jalan menuju Pantai Tanjungbaru masih menyisakan kerusakan, anggota DPRD Karawang yang tengah reses ditagih ramai-ramai oleh warga Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon.
Bahkan anggota DPRD yang berasal dari PDIP, H Citra, 'diculik' masyarakat untuk melihat secara langsung bagian jalan yang masih rusak parah tersebut. Sebelumnya, Pemkab Karawang telah menganggarkan Rp 5 miliar untuk memperbaiki kerusakan jalan menuju pantai wisata tersebut, namun kerusakan masih tersisa separuhnya lagi. Tiga kilometer.
Meski begitu, perbaikan jalan lanjutan dijanjikan akan diselesaikan lewat anggaran perubahan alias dikerjakan akhir tahun ini dengan anggaran sebesar Rp 5 miliar. Namun hingga tiga pekan menjelang berganti tahun, tidak ada tanda-tanda jalan bakal diperbaiki.
Kades Pasirjaya Mahrus Umar mengatakan, pihaknya pada dasarnya mengapresiasi perbaikan sebagian yang sudah terealisasi dengan menghabiskan anggaran Rp 5 miliar, namun uang tersebut tidak cukup untuk memperbaiki jalan yang rusak berat seluruhnya. Diakuinya, sebenarnya ada tambahan anggaran Rp 5 miliar untuk menyelesaikan perbaikan jalan rusak yang dijanjikan dalam anggaran belanja tambahan 2017. Bahkan dalam lembaran pagu dalam ABT sudah diterima dan dilihatnya. Namun perbaikan jalan rusak menuju Pantai Tanjungbaru sekitar 3 kilometer lagi hingga saat ini belum ada tanda-tanda bakal dilanjutkan.
Pihaknya, tidak tahu apa yang menjadi alasannya. Yang jelas, dirinya pesimis direalisasikan karena tahun 2017 akan habis tiga pekan lagi. Jikapun tertunda, dia meminta anggota DPRD bisa mengawal anggaran pembangunan di desanya untuk dilanjutkan tahun depan. "Syukur-syukur di anggaran murni (APBD 2018), sehingga anggaran sisa Rp 5 miliar lagi itu terealisasi di semester awal tahun depan," katanya.
Meski tanpa menyebutkan angka rinciannya, anggota DPRD Karawang H Cita mengakui, kerusakan jalan menuju Pantai Tanjungbaru, tahun ini jumlah pengunjung anjlok sampai 70 persen dari biasanya. Karenanya, menganggarkan Rp 5 miliar untuk perbaikan jalan tidak akan cukup. Masih butuh tambahan dana agar selesai hingga bibir pantai. Dirinya juga mengaku kaget jika sudah dianggarkan dalam ABT 2017, namun sampai akhir tahun masih belum dilanjutkan realisasinya. "Kunjungan wisatawan ke TB turun gak boleh dibiarkan, karena TB adalah aset," ujarnya.
Dia juga menjelaskan, hasil koordinasinya dengan UPTD Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah Cilamaya, lanjutan perbaikan jalan menuju Pantai Tanjungbaru ini memang masuk ABT tahun 2017, namun prosesnya dilelang, sehingga tidak memungkinkan bisa terealisasi tahun ini.  Dia memastikan akan teranggarkan lagi di APBD murni tahun 2018.
Lebih jauh dia menambahkan, kewenangan realisasi tahun ini atau depan, memang kewenangan pusat. Karena sebelumnya, juga masuk alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK). Dalam hal ini katanya, dirinya tidak bisa menyalahkan Dinas PUPR atau juga Pemkab Karawang secara utuh. Hanya saja, bekas Kades Bayur Lor ini meminta masyarakat bersabar lagi. Cita kembali berjanji, dirinya akan mengawal agar perbaikan jalan benar-benar direalisasikan tahun depan. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template