29 Kantong Darah Tercemar HIV/AIDS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 29 Kantong Darah Tercemar HIV/AIDS

29 Kantong Darah Tercemar HIV/AIDS

Written By Angga Praditya on Sabtu, 02 Desember 2017 | 12.15.00

KARAWANG, RAKA - Masyarakat Kabupaten Karawang tidak perlu khawatir saat menerima darah dari Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Karawang. Pasalnya, tim kesehatan sangat selektif menyisir darah para pendonor.
Buktinya, selama bulan Januari hingga Oktober 2017, PMI Karawang berhasil menemukan 29 pendonor yang terpapar virus HIV/AIDS. "Darah yang positif ada virus HIV/AIDS secara otomatif kami musnahkan," ungkap Kepala PMI Karawang dr Yesi Karya Lianti MARS kepada Radar Karawang.
Menurutnya secara teknis PMI hanya melakukan screening bukan mendiagnosis penyakit. "Pendonor (positif HIV) kami edukasi dan konseling, untuk selanjutnya diarahkan mengikuti layanan kesehatan," ujarnya.
Ia melanjutkan, metode screening virus yang dilakukan PMI Karawang sudah menggunakan metode clia, yaitu metode uji dengan mesin otomatis di atas metide elisa dan rafid. "Jadi darah yang didistribusikan ke rumah sakit kita jamin steril," katanya.
Menurut data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, dalam kurun waktu Januari hingga Maret 2017, ada sekitar 56 kasus HIV/AIDS. Sementara selama tahun 2016 pengidap HIV/AIDS mencapai 105 kasus. Jumlah itu diprediksi akan terus bertambah sampai akhir tahun nanti.
Sedangkan jumlah penderita terbanyak pada tahun ini ada di Karawang Barat yaitu 16 orang dan Telukjambe Timur 11 orang. Parahnya, penderita terbanyak dialami oleh karyawan 44 orang dan ibu rumah tangga 28 orang.
Menurut Staf KPA Karawang Awan Gunawan, pengidap HIV/AIDS pada tahun 2017 ini jika dilihat dari usia paling banyak pada usia 20 sampai 29 tahun dengan 48 kasus dan 30 sampai 39 dengan 40 kasus. "Penyebaran virus HIV/AID di Karawang sangat mengkhawatirkan," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template