2018 Sampah Diswastanisasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 2018 Sampah Diswastanisasi

2018 Sampah Diswastanisasi

Written By Admin Raka on Jumat, 08 Desember 2017 | 19.30.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang memastikan rencananya untuk menyerahkan pengelolaan sampah kepada pihak ketiga 2018 mendatang. Keputusan itu ditempuh setelah melakukan studi banding ke Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang berhasil menswastanisasikan sampah di wilayahnya.
"Kita sudah pasti, awal 2018 mendatang sampah akan diswastanisasi, dan untuk percontohan kita lakukan di UPTD Kebersihan Dengklok," ungkap Kabid Kebersihan Pengelolaan Sampah (DLHK) Nevi Fatimah kepada Radar Karawang, Kamis (7/12), di ruang kerjanya.
Menurut Nevi swastanisasi sampah itu akan lebih efektif dibandingkan masih dikelolanya sampah oleh petugas dari dinas, sehingga kedepan pihaknya akan melihat perkembangan agar tepat dan tidaknya pemberlakuan swasatanisasi itu diterapkan di Karawang atau tidak. "Tujuan kita melakukan itu agar meningkatkan pengelolaan sampah, karena setahu kita yang berjalan saat ini para pekerjanya sudah lebih giat dibanding sebelum dikelola oleh swasta," ungkapnya.
Dalam pelaksanaannya nanti, terang Nevi, UPTD Kebersihan di kabupaten Karawang ini yang terbagi menjadi 4 wilayah itu akan dikembangkan kembali. Bahkan saat ini Nevi telah menyiapkan 12 armada yang siap untuk disalurkan kesetiap UPTD. "Alhmadulillah tahun ini kita adakan lagi armada cator 12 unit sebelumnya ada 44 sekabupaten," ungkapnya.
Lebih lanjut Nevi menyampaikan sekalipun melelahkan namun tugas yang bersentuhan langsung dengan kepentingan umum ini akan menjadi penyemangat dalam bekerja. "Tahun 2018 awal kita melaksanakan Adipura, namun sangat disayangkan tahun mendatang juga anggaran kita justru berkurang dari anggaran tahun 2017, sehingga membuat ruang gerak kita jadi terbatas," ungkap Nevi.
Dengan anggaran yang sudah dipotong itu, sebut Nevi, DLHK hanya mampu melakukan pengadaan kendaraan yang cukup minim dibandingkan sebelumnya. "Tahun depan untuk pengadaan mobil cator hanya 10 unit, mobil sampah 2 dan alat berat 1. Kita akan ajukan ke propinsi untuk pengadaan," pungkasnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template