1,5 Tahun Jualan Kosmetik Ilegal Online - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 1,5 Tahun Jualan Kosmetik Ilegal Online

1,5 Tahun Jualan Kosmetik Ilegal Online

Written By Angga Praditya on Selasa, 12 Desember 2017 | 12.30.00

48 Jenis Merek Impor Disita Polisi

TEMPURAN, RAKA - Kabupaten Karawang ternyata menjadi daerah favorit para pengusaha kosmetik ilegal untuk mengembangkan usahanya. Buktinya, gudang penyimpanan kosmetik tersebut untuk kesekian kalinya digerebek polisi di lokasi berbeda.
Jika bulan Januari tahun 2015 Polres Karawang mengungkap produksi dan peredaran kosmetik palsu yang dilakukan industri pabrik rumahan di kawasan Desa Pucung, Kecamatan Kotabaru. Dan pada bulan September pada tahun yang sama, pabrik kosmetik palsu di Cilamaya berhasil digerebek. Kali ini, Unit III OPsnal Tipiter Polres Karawang menggerebek toko dan gudang kosmetik ilegal di Dusun Blendung RT 08/003, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran, sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (11/12) kemarin.
Kades Sumberjaya Kasman Ebod mengatakan, lokasi penggerebekan itu bukan semacam gudang, namun toko lazimnya minimarket yang cukup besar, dan tidak jauh dari Pasar Jajanan Serba Ada (Janda). "Pemiliknya adalah Mang Midi, yang sehari-hari beraktivitas sebagai pengusaha," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Namun, Kasman tidak menyangka jika toko yang dimiliki Mang Midi menjual kosmetik ilegal. Kabar yang diterimanya, kosmetik ilegal itu diproduksi di luar, sedangkan di toko Mang Midi hanya sebatas pengepakan untuk kemudian dijual lagi. "Kabarnya ada beberapa karyawan yang diamankan ke Mapolres, dan produk yang diduga ilegal itu juga sering dijual online," ujarnya.
Kapolsek Tempuran AKP Nana Sutisna mengatakan, penggerebekan gudang kosmetik yang diduga ilegal itu langsung ditangani Unit Reskrim Polres Karawang. "Lokasi itu memang toko, namun di belakangnya ada gudang yang diduga jadi tempat penyimpanan kosmetik ilegal," ujarnya.
Informasi yang dihimpun Radar Karawang, usaha kosmetik yang dilabeli Sama Harga Shop, itu sudah berjalan 1,5 tahun. Barang yang dijual secara online melalui aplikasi jual beli ada 48 jenis merk kosmetik lokal maupun impor yang tidak dilengkapi izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Drs Yusri Yunus mengatakan, jika memenuhi unsur pidana, pemilik toko dan gudang kosmetik ilegal tersebut akan dijerat dengan Undang Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan dan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1998 tentang Perlindungan Konsumen.  "Toko tersebut menjual kosmetik secara online sejak satu setengah tahun lalu," ujar Yusri.
Kosmetik yang dijual Toko Sama Harga Shop tersebut, kata Yusri, tak memiliki izin dari BPOM. Dari hasil pemeriksaan sementara, imbuh dia, kosmetik tersebut diimpor dari sejumlah negara. "Barang bukti dan pemilik toko kosmetik tersebut telah diamankan di Polres Karawang," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template