12 Orang Positif HIV - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 12 Orang Positif HIV

12 Orang Positif HIV

Written By Angga Praditya on Senin, 04 Desember 2017 | 13.00.00

Hasil Pemeriksaan di Purwakarta

PURWAKARTA,RAKA - Dari 827 orang yang mengikuti tes HIV di Purwakarta, 12 diantaranya positif HIV. Hasilnya ini perlu diwaspadai, karena fenomena penyebaran penyakit mematikan ini ibarat fenomen gunung es yang tiap hari kian banyak.
Momentum peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2017, diharapkan dapat menjadi sarana penting untuk meningkatkan kembali kesadaran semua pihak akan pentingnya menghentikan laju epidemi HIV/AIDS. "Peringatan HAS 2017 ini diharapkan tidak seremonial semata. Perlu ada langkah nyata untuk mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS, karena HIV/AIDS sudah ada di depan mata, tidak lagi di awang-awang," kata Riki Febrian, Country Program Manager AHF Indonesia dalam sambutannya di hadapan peserta dalam acara puncak peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2017 di Kabupaten Purwakarta, akhir pekan lalu.
Menurutnya, AHF Indonesia mendukung peringatan HAS 2017 dengan sebuah semboyan Keep the Promise. Hal ini dilakukan untuk menyuarakan kembali pentingnya berbagai pihak memegang teguh janji agar serius mengatasi HIV/AIDS. "Di Jawa Barat misalnya, saat ini sudah seluruh kabupaten/kota melaporkan adanya temuan kasus HIV/AIDS," sambungnya.
Sementara Wakil Bupati Purwakarta, Dadan Koswara menyambut baik kegiatan yang dilakukan AHF Indonesia bersama mitra kerjanya. Menurut Dadan, pihaknya akan terus mengupayakan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS agar warga Purwakarta tetap sehat. "Kita harus menang dalam melawan epidemi ini. Kami mengajak berbagai pihak agar tidak segan untuk melakukan tes HIV," ucapnya, saat membuka resmi acara.
Di tempat yang sama  Hasanudin, Manajer Program Yayasan Resik yang menjadi mitra kerja AHF selaku ketua Panitia Pelaksana HAS 2017 di Purwakarta menjelaskan, salah satu kegiatan penting dalam peringatan HAS kali ini adalah pelayanan tes HIV bagi para pengunjung. Tercatat 827 orang mengikuti tes HIV dan hasil sementara menunjukkan 12 di antaranya positif HIV. "Ada 5 booth yang kami sediakan untuk melayani pemeriksaan HIV dengan melibatkan tenaga medis dari 20 puskesmas dan satu rumah sakit," ungkapnya.
Lebih jauh Hasanudin menjelaskan, tes HIV memiliki banyak manfaat, diantaranya bila ternyata terinfeksi HIV, dapat mengambil langkah yang diperlukan agar tetap sehat.
"Selain itu, kita juga dapat mencegah penyebaran HIV kepada orang lain, misalnya dengan tidak melakukan hubungan seksual berisiko," tambahnya.
Peringatan HAS 2017 di Purwakarta diisi dengan berbagai acara yang dipusatkan di dua tempat, yaitu di Lapangan Sahate pada pagi hingga siang hari, dan di Taman Air Mancur Sri Baduga pada malam harinya. Selain tes HIV, panitia juga menyiapkan sejumlah acara mulai dari edukasi tentang HIV/AIDS hingga pentas seni budaya yang melibatkan berbagai komunitas dan kader HIV/AIDS. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template