10 TKW Karawang Hilang, Lima Tidak Digaji - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 10 TKW Karawang Hilang, Lima Tidak Digaji

10 TKW Karawang Hilang, Lima Tidak Digaji

Written By Angga Praditya on Jumat, 08 Desember 2017 | 12.45.00

KARAWANG, RAKA - Penderitaan Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang tidak pernah usai. Mereka kerap diperlakukan tidak manusiawi, mulai dari tidak digaji, dianiaya, hingga hilang sama sekali.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya ada 16 kasus, tahun ini jumlah kasusnya meningkat dua kali lipat. Karena selama bulan Januari hingga November 2017, sudah ada 34 kasus yang menimpa para pahlawan devisa. Rinciannya sepuluh orang hilang atau tidak ada kabar berita. Gaji tidak dibayar lima kasus, dianiaya satu kasus, penempatan kerja tidak sesuai perjanjian kerja menimpa satu orang, 10 kasus meninggal dunia, tiga kasus kecelakaan kerja, minta pulang karena sakit ada dua kasus, penempatan unprosedural mencapai dua kasus.
Melihat itu, salah satu faktor penyebabnya adalah masih banyak TKW asal Karawang yang pergi ke luar negeri dengan cara ilegal. Menanggulangi itu, Disnakertrans melakukan upaya dengan membuka layanan terpadu satu pintu. Layanan ini dibentuk untuk memastikan kualitas pengurusan dokumen bagi TKI yang akan bekerja di luar negeri terjamin, sehingga proses penempatan dan perlindungan TKI menjadi lebih optimal.
"Sistem dalam perekrutan, penempatan, dan paska pemulangan TKI bisa lebih baik dan efisien," ujar Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri Disnakertrans Kabupaten Karawang Ayi Muchtar saat ditemui Radar Karawang, Kamis (7/12).
Ayi juga menyampaikan, semuan itu diperlukan sinergisitas dari seluruh pihak semisal Disdukcatpil, Kantor Imigrasi, kepolisian, agar seluruh proses pelayanan menjadi transparan, dapat mengurangi biaya, menghindarkan adanya birokrasi yang berbelit-belit, sehingga menimbulkan ketidakpercayaan para pemohon atau calon tenaga kerja.
 "Tentunya layanan ini akan mampu memberikan bantuan pemasukan PAD dari setiap dokumen yang diurus, karena pembayarannyapun satu pintu melalui bank BJB," ungkapnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template