1 Anak Meninggal karena Difteri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 1 Anak Meninggal karena Difteri

1 Anak Meninggal karena Difteri

Written By Admin Raka on Selasa, 12 Desember 2017 | 11.00.00

2 Orang Masih Dirawat

PURWAKARTA,RAKA - Nahas bagi Rafli Zakwan Asykar (11), anak pertama pasangan Abdul Rohman (38) dan Sulastri (30), warga Kampung Kerajan, RT 04 RW11, Desa Maracang, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, nyawanya tak tertolong setelah menderita demam tinggi dan sesak nafas serta daya tahan tubuh lemah. Pelajar kelas V SD itu, meninggal dunia dalam perjalanan menuju RSUD Bayu Asih, Jumat (8/12) lalu, setelah tanda-tanda penyakit difteri menyertai kondisi fisiknya selama beberapa hari terkahir.
"Ada satu pasien suspect difteri meninggal dalam perjalanan saat menuju RSUD Bayu Asih. Gejala-gejalanya memang difteri, ada kelenjar di tenggorokan," ujar Wakil Direktur RSUD Bayu Asih, Deni Dermawan, Senin (11/12).
Menurutnya, untuk mengetahui secara pasti penyebab kematian?, perlu tindakan medis lebih lanjut. Pihak rumah sakit baru menyimpulkan bocah itu meninggal dari ciri-ciri fisik Rafli kaitannya dengan gejala fisik pasien difteri. "Untuk membuktikan secara sahih perlu ada tindakan medis lanjutan. Tapi orang tua tidak menghendaki," ujar Deni.
Saat ini, pihaknya masih merawat dua pasien difteri sejak pekan lalu. Kedua pasien masih dirawat di ruang isolasi RSUD Bayu Asih. "Kondisinya sekarang sudah membaik tapi masih di ruang isolasi," ujar Deni.
Dengan meninggalnya Rafli, korban meninggal karena difteri bertambah jadi dua orang. Terhitung sejak Januari hingga akhir tahun, puluhan warga Purwakarta positif mengidap difteri. Sedikitnya 22 pasien sudah terdeteksi. Kecamatan Jatiluhur dan Kecamatan Tegalwaru tercatat terbanyak pasien penderita difteri yakni masing-masing delapan kasus.
Sementara itu, guna menekan penyebaran wabah penyakit Difteri, Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, telah menyebar puluhan petugas ke desa-desa untuk melakukan vaksinasi difteri secara massal, Senin (11/12). Adapun yang menjadi sasaran dalam program ini, yakni 310 ribu anak dan balita yang tersebar di 17 kecamatan yang ada.
?Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupatan Purwakarta, Eva Lystia Dewi, mengatakan, di hari pertama ini ada 13 desa di lima kecamatan yang menggelar? vaksinasi difteri secara serentak. Imunisasi difteri ini, merupakan program out break response immunitation (ORI). "Di program ORI hari pertama ini ada lima puskesmas yang menyelenggarakan imunisasi serentak. Hari ini, kita menerjunkan minimalnya dua bidan, petugas kesehatan di setiap posyandu untuk mengimunisasi balita?," ujar Eva kepada awak media.
Adapun lima puskesmas tersebut, terang dia, masing-masing Puskesmas Tegalwaru, Puskesmas Pasawahan, Puskesmas Pondoksalam, Puskesmas Maracang dan Puskesmas Jatiluhur. Dari lima puskesmas itu, para bidan dan petugas kesehatan lainnya menyebar di 13 desa dan posyandu. Eva menjelaskan, ?program ORI untuk difteri ini diluar jadwal reguler imunisasi. Menyusul dengan masih ditemukannya kasus difteri di wilayah Purwakarta. Apalagi, selama 2017 ini ada 29 kasus difteri yang terdata. Dari 29 kasus ini, seorang warga dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar corynebacterium diphteriae.
Untuk itu, sebagai antisipasi sekaligus upaya pencegahan, dinasnya menggelar Imunisasi difteri ini, akan menyasar anak usia 1-19 tahun. Jumlahnya diprediksi mencapai 310 ribu. Untuk ORI pada pekan pertama ini, sasarannya masih balita. Karena itu, orang tua yang memiliki balita bisa diimunisasi di posyandu dan puskesmas. "Hari ini untuk balita. Kalau anak-anak sekolah, masih disusun jadwalnya," katanya.
Adapun 310 ribu sasaran itu, lanjut dia, mencakup 71 ribu anak usia satu sampai 15 tahun. Lalu, 35 ribu anak usia lima sampai tujuh tahun. Kemudian anak dengan kategori tujuh sampai 19 tahun, jumlahnya 203 ribu. ORI ini akan dilaksanakan sebanyak tiga kali putaran. Dengan interval, nol, satu bulan berikutnya, dan enam bulan berikutnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template