Wawasan Bertambah Nasionalisme Meningkat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wawasan Bertambah Nasionalisme Meningkat

Wawasan Bertambah Nasionalisme Meningkat

Written By Angga Praditya on Minggu, 26 November 2017 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Aktif di ekstra Kurikuler (Ekskul) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme, hal itu rasakan oleh beberapa pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) 1 Tirtamulya, setelah aktif di ekskul tersebut, wawasan sejarahnya menjadi bertambah, karena dalam ekskul ini mengajarkan tentang bela negara.
"Bukan hanya baris-berbaris aja yang diajarkan dalam ekskul ini, ilmu sejarah juga aku didapatkan, karena ekskul ini mengajarkan tentang ilmu bela negara," ujar, Tegar Eka Saputra, anggota ekskul Paskibra SMKN 1 Tirtamulya, kepada Radar Karawang, Jumat (24/11) kemarin.
Tegar menambahkan, dalam ekskul tersebut, dirinya mendapatkan materi tentang sejarah, sehingga wawasan keilmuannya menjadi bertambah. "Ekskul ini mengajarkan tentang sejarah Indonesia, jadinya wawasan kau jadi bertambah," katanya.
Menurutnya, ekskul paskibra merupakan tempat yang tepat untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme, karena ilmu yang diberikan tentang bela negara, sehingga kecintaan terhadap negara akan tinggi. "Ekskul ini bisa menumbuhkan rasi nasionalisme, karena di ekskul ini mengajarkan tentang berbagai macam hal," katanya.
Ia berharap, kepada para pelajar yang ada di sekolahannya, khususnya para anggota paskibranya, untuk selalu aktif dalam kegiatan paskibra, karena di ekskul tersebut mengajarkan berbagai macam hal, mulai dari kedisiplinan, kesehatan, kerapian, dan lain-lain, sehingga akan akan menumbuhkan jiwa nasionaleme. "Semoga aja para pelajar yang ada disekolah ini, khususnya para anggota paskibranya, bisa lebih aktif lagi, agar tidak salah dalam melangkah, karena diekskul ini kita diajarkan sehalanya," katanya.
Hal itu berbeda dengan anggota lainnya, Rikki. Dia mengatakan, setelah aktif di ekskul itu, wawasannya jadi bertambah, karena ilmu yang didapatkan dalam ekskul tersebut berbagai macam, sehingga dalam menjalani kehidupannya menjadi terarah. "Semanjak aktif di ekskul ini, hidup aku jadi lebih bermakna," pungkasnya.(cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template