Warga Babakan Cianjur Patut Diacungi Jempol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Babakan Cianjur Patut Diacungi Jempol

Warga Babakan Cianjur Patut Diacungi Jempol

Written By Angga Praditya on Sabtu, 18 November 2017 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Warga Kampung Babakan Cianjur RT 01 RW 31, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat patut diacungi jempol. Disaat pemerintah daerah kelimpungan mengatasi persoalan sampah, warga disana justru berharap banyak sampah di wilayahnya.
Harapan warga Kampung Babakan Cianjur beralasan karena mereka saat ini memiliki Bank Sampah yang diberinama Ecovillage Putra Kumejing. Warga disana berharap keberadaan bank sampah yang mereka miliki bisa meminimalkan volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembungan Akhir (TPA) Jalupang. "Sampah disini mulai dikolektifkan Rabu (15/11) dimana warga mulai menabung sampah ekonomisnya seperti botol bekas air mineral dan kardus," ucap Ketua RW 31 Engkay Ratnaningsih kepada Radar Karawang, Jumat (17/11) seraya menjelaskan jika pada tahap awal yang dikelola baru hanya botel bekas air mineral dan kardus.
Masih dikatakan Engkay, masyarakat Nagasari saat ini sudah megharuskan melakukan penabungan sampah. Dimana sampah-sampah ekonomis tidak harus dibuang begitu saja tanpa ada nilai tambah. Namun setelah datangnya Bank Sampah diharapkan Engkay masyarakat bisa menabung sampahnya sehingga bisa mendapatkan hasil atas sampah-sampahnya. "Secara teknis memang belum meluas. Nasabah saja baru ada 11 orang, seperti di Guro, kata Ketua RT nya akan ditampung terlebih dahulu," ujarnya.
Engkay berharap program bank sampah itu dapat ditiru diberbagai wilayah, sehingga kenyaman dan kebersihan disemua lapisan dapat terlaksana dan menjadikan Kota Karawang lebih nyaman lagi. "Mudah-mudahan ini bisa mengurangi sampah yang ada terutama sampah ekonomis agar tidak dibunag begitu saja," ujarnya.
Sementara itu, Lurah Nagasari H Endeng menyampaikan dengan diresmikannya bak sampah di wilayah kerjanya itu, kelurahan akan terus mendorong agar masyarakat bisa bekerjasama dalam melakukan satu hal positif menjadikan Kota Karawang lebih indah dan asri. "Tujuan diadakannya bank sampah itu agar lingkungan bisa bersih, karena kita melibatkan seluruh masyarakat hingga pada akhirnya dapat mengurangi sampah yang dibawa ke Jalupang," ucapnya.
Lurah Endeng berharap masyarakat bisa saling membantu ikut berpartisifasi dalam menjaga lingkungan dengan cara menabung sampah ekonomis, seperti botol bekas air meneral dan kardus juga lainnya. "Masyarakat Nagasari kedepan akan dikordinasikan disetiap lingkungan supaya dapat menabung ke bank sampah. Semua RT RW sudah dilibatkan semua, masyarakat boleh langsung dibayar jika pengen di bayar langsung boleh juga di masukan keadalam buku tabungan yang disediakan," paparnya.
Jika masyarakat masih bandel kata Endeng, pihaknya akan melakukan himbauan sehingga kebersihan itu dapat dilakukan dan dipertanggungjawabkan bukan saja oleh  pemerintah melainkan tanggung jawab semua lapisan masyrakat. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template