Wabah Disentri Mengancam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wabah Disentri Mengancam

Wabah Disentri Mengancam

Written By Angga Praditya on Senin, 20 November 2017 | 17.30.00

*Puskesmas Telukjambe Barat Kerahkan Bidan

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Puskesmas Telukjambe Barat, Minggu (19/11) melakukan gerak cepat pasca banjir yang melanda Kampung Pangasinan, Desa Karangligar, belum lama ini. Pusai kesehatan tersebut langsung menerjunkan tim kesehatannya ke bekas lokasi banjir untuk mengantisipasi wabah penyakit yang mengancam puluhan warga korban banjir.
Pemeriksaan dilakukan terhadap beberapa warga yang dikhawatirkan terserang penyakit pasca banjir, seperti gatal-gatal dan diare. Dua jenis penyakit ini menjadi ancaman paling serius selama musim banjir. Penyakit-penyakit itu juga yang kerap menyerang warga Kampung Pengasinan setiap kali banjir menerjang kampung tersebut. Karenanya, sebelum ada laporan warga terserang penyakit, pihak puskesmas mendahului dengan melakukan pengobatan.
"Kami terus lakukan pemeriksaan secara intensif kepada warga yang terdampak banjir di Kampung Pangasinan Desa Karangligar agar warga terhindar dari penyakit. Biasanya karena ketersediaan air bersih minim wabah penyakit yang mudah tersebar. Seperti penyakit disentri, gatal-gatal dan diare," tandas Kepala Puskesmas Telukjambe Barat Guruh Sapta kepada Radar Karawang.
Dirinya pun menegaskan agar warga waspada dan menjaga kesehatan guna terhindar dari berbagai penyakit tersebut. Selain, katanya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Telukjambe Barat dan Desa Karangligar agar pantauan kesehatan bisa dilakukan secara berkala. Untuk itu dia menerjunkan tiga hingga empat petugasnya setiap hari guna mendapatkan informasi kesehatan masyarakat secara akurat dan perkembangan kesehatan wilayah bersangkutan. 
Ditempat terpisah Een (31) warga Kampung Pangasinan mengapresiasi program puskesmas itu. Diakuinya sebagai ibu muda pengetahuannya tentang kesehataan anak dan ibu amat terbatas. Karenanya dia membutuhkan informasi-informasi kesehatan yang akan disampaikan petugas puskesmas. "Saya bersyukur ada petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Apalagi pasca banjir kemarin, kami benar-benar membutuhkan pengobatan," tandas Een.
Een menambahkan memang sudah ada giat kesehatan dari Palang Merah Indonesia Kabupaten Karawang tetapi sekarang ditambah Puskesmas dan sebagai warga mereka merasa untuk kesehatan tidak ada lagi yang patut dikhawatirkan. "Puskesmas juga menerjunkan bidan untuk pemeriksaan ibu juga anak. Memang yang sangat rentan terserang penyakit pasca banjir anak-anak," katanya.
Sementara Ketua RT 02/02 Muklis menyampaikan jika saat banjir lalu warga terlihat sigap melakukan antisipasi. Bahkan untuk lokasi pengungsian pun pihak pemerintah desa sudah menyiapkannya di Halaman Kantor Desa Karangligar selain menyiagakan mobil ambulance. "Saat ini semua stageholder siap membantu bila terjadi lagi banjir," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template