Uang Desa Dikorup, Kades Bakal Dijerat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Uang Desa Dikorup, Kades Bakal Dijerat

Uang Desa Dikorup, Kades Bakal Dijerat

Written By Mang Raka on Jumat, 10 November 2017 | 13.15.00

KARAWANG, RAKA - Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) tentang pendampingan dana desa oleh pihak kepolisian dan pemerintah desa langsung dihadiri Bupati Karawang Cellica Nurrachadianna dan Wakil Bupati dan Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi, di Aula Husni Hamid, Pemkab Karawang, Kamis (9/11).
Kapolres Karawang, AKBP Ade Ary Syam Indradi menyinggung nota kesepahaman tersebut mengataskan sebagai pemantapan dan sosialisasi regulasi terkait pengelolaan dana desa, penguatan pengawasan pengelolaan dana desa, fasilitasi bantuan pengamanan dalam pengelolaan dana desa, dan fasilitasi penanganan masalah dan penegakan hukum terhadap pengelolaan dana desa.
Selain itu, itu juga mencakup pemberdayaan sumber daya manusia dan pencegahan narkoba ditingkat pemerintahan desa. Kapolres juga menyebutkan bahwa pihaknya mengutamakan tindakan pencegahan dengan mengerahkan Babinkamtibmas dan Kapolsek untuk mengawasi program pembangunan dana desa di wilayahnya masing-masing. Karena Penegakan hukum, menjadi upaya terakhir yang dilakukan jika ada penyimpangan yang terjadi. "Nanti kita bisa lihat kasuistis. Kalau ada laporan atau temuan sendiri dari polisi bahwa uangnya dipakai tidak tepat sasaran, kita akan tindak," tandasnya.
Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyampaikan dana desa merupakan program strategis presiden sebagaimana termasuk dalam Nawacita. Sehingga, pengawasan Dana Desa itu telah disepakati bersama akan dilakukan pengawasan oleh instansi tunggal yaitu pihak kepolisian melalui jajarannya. "Tujuan dari nota kesepahaman ini untuk terwujudnya pengelolaan Dana Desa yang efektif, efesien dan akuntabel melalui kerja sama yang sinergis diantara para pihak dibidang pencegahan, pengawasan dan pengawasan permasalahan Dana Desa," ujarnya.
Dikatakan bupati, keterlibatan Kepolisian diharapkan bisa benar-benar terlibat kalau ada upaya dari perangkat desa yang tidak melibatkan masyarakat, dan Polres Karawang bisa ikut menegakkan agar masyarakat dilibatkan. "Kita harus mengawasi Dana Desa bersama sama baik pemerintah maupun masyarakat," ujarnya.
Selain bupati dan kapolres hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Bupati H. Ahmad Zamaksyari, Ketua Pengadilan Negeri Karawang, Perwakilan Kejaksaan Negeri Karawang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Ade Sudiana, para kepala SKPD, para Camat, jajaran polres Karawang dan para kepala desa. (apk)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Semoga dana desa tidak di korupsi, dan kepolisian mampu mengawalnya jangan sampai ikutan terjerat. aminn

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template