TPS Depan Perum Gading Elok Jebol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » TPS Depan Perum Gading Elok Jebol

TPS Depan Perum Gading Elok Jebol

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 November 2017 | 15.54.00

KARAWANG, RAKA - Untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan sebetulnya sudah ada perangkat hukumnya. Hanya saja sepertinya perangkat hukum inipun tumpul sehingga pesan-pesan kebersihan tidak sampai kepada masyarakat.
Sebetulnya sudah ada peraturan yang melarang masyarakat untuk membuang sampah sembarangan. Namun, hal itu perlu juga ditanggapi bijak. Apalagi keluhan-keluhan yang mengemuka pun tidak luput dari tuntutan agar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menyediakan tempat pembuangan sampah di lingkungan masyarakat. Sehingga masyarakat pun tahu dimana harus membuang sampahnya.
Masih terkait itu, menyinggung Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di bantaran irigasi Johar sepanjang 3 km dari Tanggul Johar hingga Jembatan Kodim, Lurah Karawang Wetan Dedi Supardi, beberapa waktu lalu sempat berharap akan memperbaiki TPS besar yang berada di depan Perum Gading Elok. "Saya mengajuinnya dua titik tapi realisasinya cuman satu. Pengajuan dari Dinas Ciptakarya dulu, TPS belakang Carrefour dan TPS depan gading elok," ujar Dedi, belum lama ini.
Dijelaskan, selain di depan Perum Gading Elok, sedikit ada lima TPS swadaya disepanjang bantaran irigasi Johar. Termasuk yang didepan Perum Karawang Sakinah Village dan dua lagi TPS milik warga Kampung Sukamurni dan Sukamanah. Kecuali di depan Perum Karawang Sakinah Village TPS-TPS lainnya sudah dalam kondisi rusak parah. Malah sudah ada yang hancur karena tidak mampu menampung sampah. Termasuk yang berada di depan Perum Gading Elok bagian belakang TPS sudah tampak bolong sehingga sebagian sampahnya sering tercecer ke irigasi dari bagian yang bolong itu.
Sementara menyinggung Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara di Jalan Otista, Kampung Sinarmulya, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, akan ditempatkan petugas pengelolaan sampah dilokasi tersebut. Diharapkan dengan petugas itu nantinya distribusi sampah dari TPS itu bisa dikendalikan. Selama ini keberadaan TPS dikeluhkan warga setempat karena menebarkan bau busuk.
Dedi menuturkan jika lokasi sampah yang dikenal masyarakat sebagai Tempat Pembungan Sampah sementara di belakang Carrefour itu saat ini sedang dilakukan penataan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). "Tempat pembuangan sampah (TPS) di belakang  Carrefour itu sudah ada sebelum saya menjadi lurah disini, awalnya dibuatkan atas swadaya masyarakat," ujarnya.
Kata Dedi tempat sampah yang masih dalam kondisi kumuh, kotor berbau menyengat itu, saat ini sedang dilakukan pembenahan atas hasil pengajuan kepada Dinas Ciptakarya, namun saat ini bisa terealisasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang. Tempat Pembungan Sampah (TPS) yang berada di Sinarmulya itu diakui Dedi merupakan salah satu tempat pembungan sampah yang digunakan oleh 8 RW. Diantaranya RW 08, RW 11 RW 15, RW 17, RW 21, RW 16, RW 25, RW 07. "Yang buang sampah disitu semuanya ada 8 RW. Rencana kita kedepan akan buatkan pos pengelola sampah agar diketahui oleh petugas siapa ajah yang buang disitu, dengan tujuan agar sampah tidak berserakan seperti saat ini," ucapnya. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template