SMPN 5 Purwakarta Sekolah Berbudaya Lingkungan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 5 Purwakarta Sekolah Berbudaya Lingkungan

SMPN 5 Purwakarta Sekolah Berbudaya Lingkungan

Written By Angga Praditya on Rabu, 29 November 2017 | 15.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Purwakarta meraih piagam penghargaan sebagai sekolah penerima penghargaan Raksa Prasada, kategori sekolah berbudaya lingkungan (SBL) tahun 2017 dari Gubernur Jawa Barat.
Kepala SMPN 5 Purwakarta, Rikrik Halimatussadiah mengatakan, penghargaan Raksa Prasada bagi sekolah di berikan meliputi beberapa penilaian, mulai dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) jumlah pepohonan besar, baik pohon kayu atau buah, rasio siswa dengan lahan belajar, perpustakaan, tingkat pencahayaan ruangan serta lainnya. "Sekolah dengan luas 11.960 m2, jumlah siswa- siswi 1111, SMPN 5 Purwakarta cukup ideal dijadikan sebagai sekolah berbudaya lingkungan, karena dapat dijadikan sebagai sarana bermain dan belajar," ungkap Rikrik, kepada Radar Karawang, Selasa (28/11).
Dia mengatakan, dampak yang dirasakan ketika sekolahnya ditetapkan menjadi sekolah berbudaya lingkungan, ialah oleh semua warga sekolah SMPN 5 Purwakarta menjadi sehat, ceria. "Bahkan dari akademik SMPN 5 yang memang bukan sebagai sekolah unggulan, kini menjadi juara pertama olimpiade sains nasional (OSN) IPS tingkat kabupaten termasuk beberapa prestasi akademik non akademik lainnya," tutur Rikrik.
Untuk program unggulan  saat ini, lanjut Rikrik, adalah UKS yang telah mampu mewakili Purwakarta sebagai sekolah sehat dan menjadi juara satu tingkat kabupaten. "Kalau dari segi perpustakaan, mungkin kita juga akan menyangka jika ruangan tersebut adalah toko buku, karena begitu banyaknya buku yang tersusun dengan rapi lengkap dengan sarana tempat duduk untuk membaca, yang pasti membuat para murid akan betah untuk membaca," jelasnya.
Lebih lanjut Rikrik mengatakan, animo masyarakat untuk menyekolahkan putra - putrinya ke SMPN 5 Purwakarta mengalami peningkatan. "Alhamdulillah animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya mengalami peningkatan, tahun ajaran baru kemarin sampai ada 550 pendaftar, dari tahun sebelumnya yang berkisar 400-an, saya yakin karena SMPN 5 terus berpacu menuju ke yang lebih baik, makanya banyak anak dan orangtua yang suka," jelas Rikrik.
Persoalan budi pekerti juga menjadi perhatian khusus SMPN 5 Purwakarta, dengan sungguh-sungguh menerapkan sifat sosial dan kerukunan. "Budi pekerti, karakter murid kami pantau serius, semua murid harus menerapkan jiwa peduli, rukun, saling bantu, untuk supaya nantinya menjadi kebiasaan yang akan mereka terus lakukan di tengah masyarakat," pungkasnya.(cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template