SMAN 2 Klari tak Gelar Simulasi UNBK Pertama - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMAN 2 Klari tak Gelar Simulasi UNBK Pertama

SMAN 2 Klari tak Gelar Simulasi UNBK Pertama

Written By Angga Praditya on Selasa, 14 November 2017 | 11.00.00

- Minim Fasilitas dan Sarana Penunjang

KLARI, RAKA - Meski seluruh SMA/SMK Sederajat yang ada di Karawang diwajibkan untuk mengikuti pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Namun masih banyak kendala yang dialami oleh beberapa sekolah. Seperti yang dialami oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Klari, untuk pelaksanaan simulasi UNBK saja sekolah yang baru memiliki bangunan sekolah sendiri itu tidak bisa melaksanakan simulasi UNBK pertama.
Kepala SMAN 2 Klari H.Unang Suryawan mengatakan, untuk pelaksanaan simulasi UNBK pertama saja sekolah masih belum bisa melaksanakan. Apalagi untuk mewajibkan seluruh sekolah untuk UNBK. Sedangkan untuk kondisi sekolah sendiri masih banyak kendala. Maka tak heran jika pelaksanaan simulasi pertama tidak terlaksana. "Iya bingung ini teh soalnya butuh anggaran besar untuk simulasi saja, sedangkan untuk minta bantuan sama orangtua takut dikira pungutan," akunya.
Dikatakannya, dengan memiki komputer sepuluh dan ruangan dua kelas tidak akan mampu menampung ratusan peserta yang akan mengikuti UNBK. Karena akan banyak memakan waktu lama dan membutuhkan biaya besar. Untuk itu dirinya tidak membuat pelaksanaan simulasi UNBK pertama di sekolah. "Simulasi UNBK pertama saja kita tidak melaksanakan, tidak ada modal," ungkapnya.
Dia menjelaskan, dengan jumlah siswa sebanyak 200 lebih itu akan dibagi menjadi 3 ruangan peserta UNBK dan membutuhkan 60 unit komputer untuk pelaksanaanya. Sedangkan kondisi sekolah sendiri hanya mampu memiliki dua ruangan kosong dan 10 unit komputer. "Untuk simulasi (UNBK) kedua mungkin sekolah bisa melaksanaannya," jelasnya.
Bukan hanya itu bahkan kata dia, jika pihak sekolah terus memaksanakan untuk bisa melaksanakan UNBK kembali, tidak menutup kemungkinan orangtua siswa ikut berpean dalam membantu pelaksanaanya nanti. Dengan memberikan pinjaman unit komputer atau laptop siswa dan membantu kekurangan biaya UNBK. "Iya wajib UNBK lagi, mau tidak mau harus minta bantuan sama orangtua siswa, kalau numpang biayanya lebih besar lagi," tuturnya.
Sedangkan untuk bantuan dari pemerintah sendiri untuk pengadaan sejumlah komputer mungkin tidak akan memenuhi kekurangan kebutuhan sekolah. Sebab, diperkirakan kata dia, untuk bantuan yang diberikan oleh pemerintah nanti hanya dibawah 5 unit komputer. "Walaupun pemerintah rencananya nanti akan membantu untuk pengadaan komputer, tapi tetap saja masih banyak kekurangannya," terangnya.
Sementara Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Karawang, Dwi Styono menegaskan, pada pelaksanaan UNBK kali ini seluruh kepala sekolah tingkat SMA/SMK harus mempersiapkan berbagai persiapan sebaik mungkin. Sebab, kata dia, seluruh sekolah di Karawang wajib mengikuti pelaksanaan UNBK tanpa ada alasan. "Ini yang mesti kita apresiasi, Karawang satu-satunya sekolah yang sudah siap 100 persen UNBK loh," ucapnya.
Maka dari itu dia meminta kepada setiap kepala sekolah untuk bisa lebih matang lagi dalam mempersiapkan segalanya. Jangan sampai ketika sudah diberikan kepercayaan hasilnya tidak memuaskan. "Mau tidak mau kita harus siap buat semuanya," tegasnya.
Belajar dari berbagai pengalaman UNBK tahun lalu menurutnya masih banyak kendala yang dialami oleh sekolah, sehingga tidak bisa mengikuti UNBK itu hanya karena tidak memiliki fasilitas yang memadai. "Masih sama kaya dulu walaupun masih ada sekolah yang belum punya komputer, kan masih bisa numpang di sekolah lain, yang jelas tahun ini semua sekolah di Karawang ikut UNBK," tuturnya.
Bukan hanya itu bahkan kata dia, memanfaatkan peran orangtua siswa dalam pelaksanaan UNBK juga diwajibkan, seperti membantu kurangnya fasiitas komputer yang ada di sekolah bisa mendapatkan pinjaman dari orangtua siswa. "Untuk sekolah yang kurang komputer juga bisa minjam dulu komputer siswa, yang penting atas persetujuan dari orangtua siswa," ungkapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template