Siswa Diingatkan Bahaya Narkoba - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa Diingatkan Bahaya Narkoba

Siswa Diingatkan Bahaya Narkoba

Written By Angga Praditya on Selasa, 21 November 2017 | 13.00.00

CIAMPEL, RAKA - Untuk mencegah masuknya narkoba dikalangan pelajar, ratusan siswa di Sekolah Menengat Atas Negeri (SMAN) 1 Ciampel mendapat penyluhan bahaya narkoba dari pihak kepolisian. Bukan hanya itu, bahaya obat-obatan terlarang termasuk bahaya minuman keras terutama minuman keras oplosan juga menjadi fokus materi dalam acara yang digelar pada Senin (20/11) kemarin.
Kapolsek Ciampel,  AKP Ricky Adipratama menyampaikan, mengingat kejadian yang menewaskan sejumlah remaja akibat minuma keras di Cipule beberapa hari yang lalu membuat aparat kpeloisian terus bergerak dan lebih serius lagi dalam mengawasi tindak tanduk kaum remaja di wilayah Ciampel. Sebab, mudahnya penjualan minuman keras yang berada di luar wilayah Ciampel membuat sejumlah anak muda maupun remaja nekad untuk berbuat yang tidak sewajarnya. "Kita harus sering melakukan penyuluhan dan mengawasi setiap pergaulan anak-anak baik di sekolah maupun di luar sekolah, jangan sampai miras dan bahaya narkoba masuk ke kalangan anak muda dan siswa," katanya.
Keinginan siswa untuk melakukan hal yang tidak pantas mereka lakukan adalah karena ketidak tahuan mereka akan bahaya yang ditimbulkan. Maka dengan menggalakan kegiatan penyuluhan kepada anak sejak dini besar kecinya kata dia, bisa meminimalisir terjadinya ancaman bahaya kepada siswa akibat narkoba, pcc maupun minuman keras. "Kalau mereka tahu dampak dari minuman keras itu sendiri dan narkoba, saya yakin mereka tidak akan berani untuk mengenal barang-barang itu," ucapnya.
Tercatat kata dia, resiko bahaya remaja di wilayah Ciampel yang sudah mengenal minuman keras lumayan cukup tinggi. Hampir lebih dari belasan remaja yang meninggal akibat minuman keras di wilayahnya itu. Untuk menghindarinya selain terus dilakukan penyuluhan kata dia, peran orangtua sisa dalam menjaga pergaulan lingkungan putra-putri mereka juga sangat penting. Jangan sampai orang tua siswa sendiri tidak peduli dengan pergaulan anak-anaknya sehari-hari. "Kita sebagai polisi dan pihak sekolah tentunya tidak bisa terus-terusan mengawasi mereka, butuh peran orang tua juga dalam mendidik mereka," terangnya.
Selain memberikan penyuluhan bahaya narkoba dan minuman keras dalam kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh berbagai games yang bisa menarik materi yang disampaikan oleh kepolisian. Dengan memberikan sejumlah helm kepada siswa sebagai hadiah games yang diberikan juga menjadi salah satu daya tarik siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. "Kita bagi 12 helem dan 117 buku tulis juga buat siswa bagi yang bisa menjawab pertanyaan di materi penyuluhan tadi," jelasnya.
Dia berharap, dengan adanya penyuluhan tersebut bisa mencegah mudahnya masuk narkoba dan minuman keras kepada siswa di sekolah terutama remaja. Dengan mengetahui dampak dan bahaya barang tersebut diharapkan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi mereka baik saat ini maupun dimasa mendatang. "Semoga tidak ada lagi korban minuman keras dan ancaman bahaya lainnya," harapnya.
Sementara Renaldi Saputra, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut mengaku tidak akan pernah berani menyentuh bahkan mencoba barang tersebut seperi narkoba dan minuman keras serta pcc. Sungguh disayangkan kata dia, jika mereka yang sudah terlibat mengkonsumsi barang tersebut. "Kalau sudah tau dampaknya seperti ini, mending cuman sekedar kenal aja, tau dampak dan bahayanya tanpa harus mencobanya, semoga dijauhkan," akunya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template