Simulasi UNBK SMK Dipaksakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Simulasi UNBK SMK Dipaksakan

Simulasi UNBK SMK Dipaksakan

Written By Mang Raka on Rabu, 08 November 2017 | 15.56.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Dua hari terakhir siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) secara serentak melakukan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tanpa terkecuali SMKN 1 Cilamaya. Selain terkendala jaringan jumlah komputernya yang kurang juga menjadi kendala pelaksanaan UNBK.
Seperti diungkapkan Hendrik Nurdiana, peserta simulasi SMKN Cilamaya mengatakan, menghadapi simulasi baginha tidak terlalu grogi, karena selain sehari- hari berhadapan dengan Komputer, juga input datanya tidak terlalu sulit, apalagi soalnya pilihan ganda. "Tidak grogi sih, mudah dan cepat paham selama didampingi proktor," katanya.
Dijelaskan, simulasi UNBK SMK hari kedua di SMKN 1 Cilamaya dilakukan dengan keterbatasan jumlah komputer. Dari total peserta simulasi 205 siswa ketersediaan komputer hanya sebanyak 90 unit. Karena itu diharapkan untuk simulasi ke dua nanti persoalan jumlah komputer tidak lagi menjadi kendala. "Komputernya masih minim, tapi kita berharap di simulasi ke dua nanti jumlah komputernya sudah ditambah," tutur Hendrik.
Sementara panitia simulasi UNBK SMKN 1 Cilamaya Irda Lulutasari S.pd mengatakan siswa peserta UN tahun ini berjumlah 205 orang, pihaknya memberlakukan tiga shift simulasi, namun hanya terkendala dua dari tiga server yang ada rusak, sehingga di sinfkronkan saja dengan yang ada di satu ruangan untuk kelancaran simulasinya. Angka ideal komputer sebut Irda ada 90 unit, namun yang tersedia baru 60 saja, sementara sisanya mungkin bisa menyusul di simulasi UNBK tahap 2 di bulan Februari mendatang.
"Komputer kita masih kurang dan server dua unit juga rusak. Walaupun mengalami keterlambatan karena harus mulai pukul 10.00 WIB tapi simulasi berlangsung lancar," ungkapnya.
Hari pertama simulasi menyajikan soal pilihan ganda dan yang diuji mata pelajaran bahasa Indonesia dan matematika, sementara hari kedua bahasa Inggris. Itu semua pelajaran yang akan di UN kan, namun di semua simulasi baik tahap 1 bulan November, tahap 2 Februari dan tahap 3 awal Maret mendatang, khusus mata pelajaran kompetensi keahlian tidak di simulasikan.
Terleps dari itu sebut Irda, simulasi di hari pertama dan kedua tetap berjalan lancar, karena para peserta didampingi proktor yang ahli  yang juga kebetulan guru-guru di Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Setelah ini dilaksanakan, maka simulasi dan hasilnya akan di evaluasi dan dilaporkan ke Kepsek, terutama kendala-kendala dan arahan untuk di simulasi tahap ke dua nanti. "Kita evaluasi hasilnya nanti ke Kepsek sekaligus mengkosultasikan kendala yang ada," Ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template