Setiap Bulan Warga Ciampel Terserang ISPA - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Setiap Bulan Warga Ciampel Terserang ISPA

Setiap Bulan Warga Ciampel Terserang ISPA

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 November 2017 | 16.18.00

CIAMPEL, RAKA - Tinggal di lingkungan kawasan industri ternyata memberikan dampak buruk terhadap kesehatan warga. Hal itu bisa dilihat dengan banyaknya warga Ciampel yang terserang penyakit gastritis atau ISPA.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas Ciampel, Asep Sunarya SKM, bahwa penyakit salura pernapsan tersebut terjadi tak lain karena buruknya polusi yang terjadi saat ini di wilayah Ciampel. Menurutnya dengan banyaknya pembangunan pabrik industri membuat kedaan semakin buruk. "Mungkin udara Cimapel nggak kaya dulu lagi, ciampel sekarang udah jadi kawasan industri, pohon-pohon semakin berkurang," ucapnya.
Maka tak heran jika masyarakat sendiri banyak yang menderita gangguan saluran pernapasan. Tercatat kata dia, dalam satu bulan terakhir yang menderita penyakit ke sepuluh yang sering dialami oleh masyarakat Ciampel sebanyak 1.775 orang. Hasil tersebut merupakan capaian paling tertinggi diantara tahun yang lalu. "Rata-rata setiap bulan hamir mencapai ribuan," akunya.
Dia juga menjelaskan dari kesepuluh penyakit tersebut diantaranya ISPA sebanyak 215 orang, febris 168 orang, dispepsia 141 orang, mialgya 133 orang, hepertensi 112 orang, influensa 82 orang, diare 64 orang, cephalgia 62 orang, faringitis 62 orang, penyakit kulit lainnya 55 orang dan lain-lain 681 orang. "Itu 10 besar penyakit yang diderita oleh warga Ciampel," ujarnya.
Dengan kondisi tersebut dirinya menyarankan kepada setiap masyarakat untuk bisa menjaga prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) secara terus menerus agar tidak terjangkit penyakit kembali. Tidak hanya itu, setiap masyarakat juga mesti rutin melakukan pengobatan atau pengecekan ke setiap puskemas sebagai salah satu pengobatan. "Periksa kesehata secara teratur atau cek kesh," pesannya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template