Sesepuh Ingatkan Prioritas Manggungjaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sesepuh Ingatkan Prioritas Manggungjaya

Sesepuh Ingatkan Prioritas Manggungjaya

Written By Angga Praditya on Selasa, 28 November 2017 | 20.30.00

Ziara ke Makam Syekh Quro Setelah Maulid Nabi 

CILAMAYA KULON, RAKA - Pemerintah Karawang diingatkan agar memprioritaskan komplek pemakaman Adipati Singaperbangsa sebagai pusat pelaksanaan perayaan maulid nabi dan hari jadi Karawang.
"Sudah menjadi agenda tahunan setiap tanggal 10 rabiul awal diperingati sebagai hari sakral perayaan maulid nabi dan haul hari jadi Karawang dalam hitungan hijriyah.  Kegiatan yang difokuskan di Komplek makam Adipati Singaperbangsa tersebut jadi prioritas dilakukan tahun ini," ucap Kepala Desa Manggungjaya, Dedi Embun, Senin (27/11).
Dikatakan Dedi, tahun kemarin perayaan puncak maulid dan hari jadi Karawang dalam hitungan hijriyah memang tetap dilaksnakan di komplek makam Adipati Singaperbangsa.  Namun,  diakuinya, pelaksanaan itu banjir keluhan dari para sesepuh desa, sebab puncak di Manggung ini bukan menjadi prioritas karena agenda yang biasanya cukup satu acara di Manggung,  tetapi justru dirangkai dengan agenda yang lainnya.
Bupati menghadiri kegiatan Maulid di Bayurlor, misalnya, dimana sebelumnya ziarah dulu ke Maqam Syekh Quro. Akibatnya, disisa waktu yang dimanfaatkan baru bertolak ke Manggung. Hal ini yang menurut para sesepuh kurang beretika, sebab saat perayaan tahun kemarin jadi banyak angin, petir hingga hujan deras dan mati lampu hingga waktu magrib. Untuk itu, sebut Dedi, ia berharap tahun ini bisa fokus ke Manggungjaya. "Jangan ada agenda lain sesepuh meminta acara di Manggungjaya jadi prioritas utama, " harapnya.
Senada dikatakan Kuncen Makam Adipati Singaperbangsa, Ade Cahya, pihaknya sebelumnya sudah bertemu dengan pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Diantara keluhan yang disampaikannya sebut Ade, adalah agar Pemkab memprioritaskan perayaan Maulid Nabi itu di Manggungjaya. Adapun acara lain-lainnya seperti berziarah ke Maqom Syekh Quro dan lainnya dipersilahkan untuk menjadwal setelah perayaan maulid usai dilaksanakan di Manggungjaya dan Disbudpar menyepakatinya. "Kita sudah diskusikan dengan Disbudpar, hasilnya insya allah ziarah di Makam Manggungjaya jadi prioritas," ujarnya.
Sementara Plt Camat Cilamaya Kulon  Drs H Hamdani mengatakan, paska Paten yang akan digelar 28 November ini,  pihaknya belum tahu jadwal dan agenda di Manggungjaya pada 10 Mulud ini. Dia masih akan mengkonsultasikan dulu kaitan kegiatan di Komplek Makam Adipati Singaperbangsa nanti. "Saya belum tahu jadwal, nanti dikonsultasikan dulu," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Terpaksa sy berucap dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jd Tkw di HONGKONG hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn




    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template