Segera Jalankan Program Inovasi Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Segera Jalankan Program Inovasi Desa

Segera Jalankan Program Inovasi Desa

Written By Angga Praditya on Rabu, 29 November 2017 | 11.00.00

KLARI, RAKA - Pemerintah Kecamatan Klari meminta seluruh sekretaris desa yang ada di wilayah Kecamatan Klari melaksanakan program inovasi desa di masing-masing desa. Pasalnya program tersebut bisa menjadi salah satu langkah pemerintahan desa untuk meningkatankan kesejahteraan masyarakat.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rachmat Dading Koswara, Kasi Ekbang Kecamatan Klari yang mewjaibkan seluruh desa harus memiliki inovasi desa dalam membangunan dan mengemabngkan sumberdaya masyarakat yang ada di desa. Seperti melaksanakan pasar desa sehat dan bersih, pembuatan bank sampah dan membangun sekolah ibu hami sebagai contohnya. Karena kata dia, program pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat harus terus dilakukan. "Kita sudah melaksanakan pelatihan yang diikuti oleh semua sekretaris desa minggu kemarin, dan itu nantinya wajib dilakukan oleh setiap desa," katanya.
Setelah dilakukan pelatihan nanti kata dia, diharpjkan setiap sekretaris bisa melaksanakan program tersebut dengan sebaik mungkin. Karena program tersebut merupakan untuk pertamkalinya dilakukan. Maka dia meminta agar pada pelaksanaanya nanti bisa berjalan dengan baik. "Program inovasi desa dari kementrian desa yang akan diterapkan di seluruh desa," tuturnya.
Dia menjelaskan inovasi desa merupakan sebuah pola pendekatan dalam pembangunan desa yang dilakukan secara terpadu dan sistematis dalam rangka pemecahan masalah dan tantangan yang dihadapi. Baik kebijakan, pelaku, lembaga, jaringan, kemitraan , proses soisal dan aksi bersama. "Saya harap dengan adanya inovasi desa ini  mampu mempengaruhi perkembangan kehidupan masyarakat dan pencapaian target pembangunan desa," harapnya.
Dengan seperti itu, akan ada manfaat yang dapat masyarakat rasakan yaitu memacu kreatifitas desa untuk meningkatkan daya saing dan menjadi desa yang unggul, serta meningkatkan pelayanan publik yang disediakan pemerintahan desa. "Mendorong pemanfaatan bagi perbaikan kehidupan masyarakat," terangnya.
Sementara Sekretaris Desa Pancawati, Abdul Rahman mengaku akan segera melaksanakan program inovasi desa tersebut setelah diberikan pelatihan sebelumnya yang diselenggarakan di salah satu rumah makan di Curug beberapa hari lalu. Bagi dia, tidak ada yang sulit ketika semua program bisa bekerjasama dengan masyarakat lainnya. "Pertama kita akan mencari tahu sendiri apa saja yang bisa dimanfaatkan dan bisa dikembangkan untuk di Desa Pancawati nanti, mungkin baru itu aja," akunya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template