SDN Tempuran 1 Jadi Model LPMP - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SDN Tempuran 1 Jadi Model LPMP

SDN Tempuran 1 Jadi Model LPMP

Written By Angga Praditya on Selasa, 14 November 2017 | 20.00.00

TEMPURAN, RAKA - Sebanyak 13 Sekolah Dasar (SD), 5 SMP dan 2 SMA/SMK Sekabupaten Karawang diporsikan menjadi sekolah model dan dianggap layak menerapkan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Juni lalu. Hari ini (15/11), semua sekolah model yang sudah dimonitoring dan dievaluasi (Monev) tim LPMP bersama Fasilitator Daerah (Fasda), akan menggelar ekspose bersama di kawasan Karawang Barat.
Kepala SDN Tempuran 1,  Hj Warkisah S.pd mengatakan, sekolahnya diajukan bersama dengan SDN Tempuran 2 ke LPMP untuk menjadi wakil dari sekolah model di Karawang. Namun saat verifikasi, SDN Tempuran 1 saja yang dipilih. Kendati demikian Warkisah mengakui, dia bersama guru lainnya, belum paham detail atas program sekolah model yang menerapkan sistem penjamin mutu internal (SPMI).
Dikatakan Warkisah, sebelum program sekolah model itu digelar, SDN Tempuran 1 sudah menerapkan sistem yang diarahkan, seperti 8 standar pendidikan, infrastruktur hingga jam kerjanya. Meskipun cukup terbebani karena menyandang label sekolah model, SD dengan jumlah siswa 210 ini, cukup kewalahan utamanya soal pemenuhan guru berlatar belakang PNS yang diakuinya masih kurang. Disisi lain, dalam prosesnya, sekolah model ini harus membawa sekolah imbas di sekitar SDN Tempuran 1 ini. "Alhamdulilah, kita dipercaya jadi sekolah model, walaupun programnya baru perdana tahun ini, tapi jauh sebelumnya kegiatan, sistem, jadwal dan manajemen di sekolah sudah dijalankan optimal," katanya.
Lebih jauh Kepsek asal Desa Pagadungan ini menambahkan, dampak positif predikat label sekolah model ini, diakui Warkisah adalah akses mendapat bantuan yang menopang kegiatannya sangat diapresiasi dari Pemkab. Kesepuluh SD model ini sama-sama mendapat peralatan IT seperti laptop, proyektor, scanner, print out, mesin foto copy dan komputer yang menopang kelengkapan kegiatan di sekolah. "Hari ini (14/11) semua sekolah termasuk SDN Tempuran 1 ini akan mengadakan ekspose profil sekolah di Karawang dihadapan Fasda dan LPMP," ucap Warkisah.
Fasilitator Daerah (Fasda) Dadang Hermawan mengungkapkan, awalnya kegiatan sekolah model ini, ia yang juga Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) dipanggil LPMP untuk sampling 12 pengawas di masing-masing Koorwil ikuti pelatihan persiapan sekolah model. Dari total itu, hanya ada 10 pengawas saja yang diloloskan dan membawa Dua SD untuk di verifikasi jadi sekolah model, dari total 20 SD, hasil monitoringnya diambil 10 SD saja yang di tetapkan, berikut tambahan 3 SD oleh Dinas Pendidikan.
Sehingga jumlah total sekolah model yang ditetapkan ini antara lain 13 SD, 5 SMP dan 1 SMA dan 1 SMK. Kebetulan di Tempuran yang di plot dan dianggap lebih siap adalah SDN Tempuran 1. Sejak Juni, selain terus dibina dan dimonev, SD dengan SPMI ini akan ekspose profil sekolah pada Selasa pagi, tujuannya untuk mengevaluasi dan memberi poin grade, sehingga siapapun tamu yang hendak mengunjungi sekolah diarahkan ke SD dengan label Model ini. "Ditetapkan sejak Juni, ekspose evaluasi sekolah model ini akan digelar hari ini," ujar Warkisah lagi.
Lebih jauh Dadang menambahkan, sekolah model ini langsung dibantu APBD 2 berupa alat-alat IT untuk menopang kinerja dan kegiatannya yang tertuang dalam 8 standar pendidikan. Tahun depan sebut Dadang, mungkin beralih di sekolah lainnya, karena program sekolah model yang di gulirkan LPMP ini adalah setahun sekali. "APBD 2 membantu penunjang manajerialnya berupa IT, sangat baik dan responsif," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template