Satu Balon Bakal Dieleminasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satu Balon Bakal Dieleminasi

Satu Balon Bakal Dieleminasi

Written By Angga Praditya on Sabtu, 18 November 2017 | 15.30.00

*Jumlah Calon Maksimal Tiga Orang

TELAGASARI,  RAKA - Sejak dibuka Senin (13/11) hingga Jumat (17/11) Panitia Musyawarah Desa (Musdes) Cilewo sudah menerima empat bakal calon Kepala Desa. Jumlah itu bahkan diprediksi masih akan bertambah hingga menjelang penutupannya pada Minggu (19/11) malam sekitar pukul 00.00 WIB.
Bendahara Panitia Musdes Cilewo Gugun Gunawan mengatakan, panitia sudah menyebarkan pengumuman penjaringan bakal calon kades sejak 13 November. Baru berselang 5 lima hari di buka pihaknya sudah menerima empat balon kades dari beragam latar belakang. "Menjelang penutupannya pada Minggu 19 Nopember mendatang kemungkinan jumlah ini bisa bertambah," tandas Gugun.
Namun, terang Gugun, semua syarat administrasi dan berkas seleksinya nanti diserahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bahkan syarat umum lazimnya pilkades tetap berlaku, seperti tes tulis. Hanya saja, sejauh ini pihaknya masih menunggu pendaftar lainnya menjelang penutupan. "Dibuka sejak tanggal 13 September dan kita sudah menerima 4 calon. Diperkirakan masih bisa bertambah jumlahnya," ungkapnya.
Lebih jauh Gugun menambahkan dari jumlah pendaftar nantinya tetap akan diseleksi oleh DPMD karena ketentuan regulasinya mengatur calon hanya bisa ditetapkan tidak boleh lebih dari tiga orang. Untuk itu menjelang penetapan nanti sehabis seleksi hingga penyelenggaraan diharapkan bisa berjalan sukses. Disisi lain, Gugun menjamin netralitas panitia tetap terjaga. "Sehabis mendaftar nanti diseleksi dan pasti akan ada yang dieliminasi karena ketentuannya tidak boleh lebih dari tiga orang," ungkapnya.
Ketua Panitia Musdes Cilewo D Sutejo Ms mengatakan calon sejauh ini baru menerima 4 pendaftar dan memungkinkan masih bisa bertambah. Sementara untuk hak pilih sebutnya, jumlahnya sebanyak 94 orang, terdiri dari 60 perwakilan tokoh masyarakat di tiga dusun dan 34 dari perangkat penerintahan desa dan mitranya yaitu BPD. Khusus perwakilan tokoh, itu ditentukan berdasarkan hasil musawarah di setiap dusun yang siap menjadi wakil di Musdes. Baik dari unsur tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh pendidikan.
Ditengah tahapan yang sudah berjalan sambungnya, diakui Tedjo, anggaran dari Pemkab untuk pelaksanaan Musdes ini belum turun, meskipun harus menunggu dengan dana talangan sementara untuk operasional. "Pelaksanaan sudah dimulai tapi memang anggarannya belum turun, sementara menggunakan dana talangan dulu untuk kegiatan ini, " pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template