Saluran Sekunder Ciptamargi Dangkal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Saluran Sekunder Ciptamargi Dangkal

Saluran Sekunder Ciptamargi Dangkal

Written By Mang Raka on Selasa, 07 November 2017 | 13.30.00

CILEBAR, RAKA- Sepanjang saluran sekunder ranggon BR 8 yang berada di Desa Ciptamargi, Kecamatan Cilebar atau biasa disebut totoang Cibadar, mengalami pendangkalan. Hampir sebagian saluran irigasi tersebut dipenuhi lumpur yang menghalangi laju air. Masyarakat mengkhawatirkan keadaan tersebut menjadi salah satu penyebab banjir.
Dikatakan Udin (27), warga Desa Sukaratu, keadaan tanah yang diakibatkan longsoran kecil dan terlalu banyak lumpur, sehingga menutupi sebagian saluran irigasi tentunya nacaman yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal tersebut sudah seharusnya segera mendapatkan penanganan dari pihak terkait. "Kalau tanahnya mungkin karena terlalu lama tidak dinormalisasi jadi pada naik, sedangkan aliran air akan bertambah besar jika musim hujan nanti, kalau tidak diatasi sekarang-sekarang, khawatirnya akan berdampak kepada banjir," katanya, kepada Radar Karawang.
Dia juga mengatakan, jika sudah sangat lama sekali aliran sekunder tersebut belum sempat tersentuh normalisasi. Maka wajar jika keadaan lairan irigasi semakin dangkal. Tentnya ia berharap kepad pihakl terkait agar segera melakukan tindakan.
Di tempat yang sama, Warin (54) pemilik warung menambahkan, salah satu penyebab sering terjadinya banjir di daerahnya, yaitu akibat pendangkalan saluran irigasi sekunder yang sudah lama tidak tersentuh normalisasi. Pasalnya, keadaan seperti ini harus sudah menjadi rencana pemerintah daerah dala menentramkan masyarakatnya. Dikatakanya, selain pendangkalan, ketika ada normalisasi seharusnya dilakukan saat keadaan air sedang surut. Agar keadaan lumpur yang seharusnya di keruk bisa terlihat dengan jelas. "Jangan sampai ketuika diadakan normalisasi itu saat sedang luber, entar gak kelihatan tanahnya, akhirnya penggalian tidak tepat sasaran," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template