RSUD Sosialisasi Budaya Cuci Tangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Sosialisasi Budaya Cuci Tangan

RSUD Sosialisasi Budaya Cuci Tangan

Written By Angga Praditya on Rabu, 15 November 2017 | 13.00.00

TELUKJAMBE, RAKA - Pekerjaan melayani masyarakat tidak hanya terbatas pelayanan berobat bagi yang sakit, tetapi bisa juga dalam bentuk sosialisasi kesehatan. Melalui kegiatan itu diharapkan warga yang sebelumnya sehat akan semakin bertambah sehat.
Hal itu yang dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, baru-baru ini, di lingkungan rumah sakit itu. Kegiatan yang diinisiasi Hukmas dan Promkes RSUD ini untuk mensukseskan Hari Tangan Bebas Kuman (Hand Hygiene) dan melibatkan seluruh pegawai dan pengunjung RSUD, sementara pelaksanaannya langsung diadakan di ruang rawat pasien dan tempat keluarga pasien berkumpul.
"Hand Hygiene atau budaya cuci tangan hal penting dalam kegiatan sehari hari terutama dalam pelayanan kesehatan. Cuci tangan dapat memutus infeksi Nosokomial (infeksi yang berkembang di lingkungan rumah sakit) yang bisa timbul dari pasien ke orang lain maupun dari orang lain ke pasien. Kami upayakan agar garda terdepan dulu yang mesti terbebas dari penyakit, seperti petugas keamanan dan petugas medik Unit Pelayanan Gawat Darurat (UGD)," jelas instruktur Pengendalian dan pencegahan Inpeksi (PPI) RSUD Karawang Rita Sahara.
Menurut Rita hal yang mesti diperhatikan untuk mendapatkan tangan yang terbebas dari bibit penyakit, selain mencuci tangan sebelum kontak dengan pasien juga  mencuci tangan sebelum tindakan aseptic termasuk setelah kontak cairan tubuh dan kontak dengan pasien dan lingkungan pasien. Dirinya pun menambahkan, cuci tangan dapat dilakukan dengan menggunakan sabun dan air juga dapat mencuci dengan cairan anti septic agar tangan jauh lebih aman.
Secara terpisah, Kasubag Hukmas dan Promkes RSUD H. Ruhimin SH menerangkan seluruh petugas dan karyawan RS diharuskan melakukan budaya cuci tangan sehingga menjadi budaya yang betul-betul dipahami dan dilaksanakan oleh semua orang. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi hand hygiene bagi jajaran manajemen RSUD Kabupaten Karawang.
Salah satu kegiatan yang dilakukan, lanjutnya dengan melakukan sosialisasi hand hygiene bagi jajaran manajemen RSUD Kabupaten Karawang yang diikuti seluruh jajaran struktural dan staf manajemen baik yang berada di ruang rawat dan ruang tunggu pasien. "Kegiatan ini merupakan awal menuju pelayanan sebagai prioritas utama, untuk membudayakan budaya sehat, budaya bersih dan menghindari resiko penularan infeksi dari rumah sakit. Semoga ini menjadi budaya dan dilaksanakan setiap hari,” ujar Ruhimin.
Sementara itu, Securiti RSUD, Yana Suryana (38) mengatakan peraturan rumah sakit tentang pola hidup sehat dilingkungan rumah sakit merupakan sarana yang patut dipelihara, dan petugas keamanan menjadi garda terdepan yang harus tetap sehat. “Hand hygiene harus dilaksanakan sebagai suatu amanat dari undang-undang dan untuk dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template