Puskesmas Sterilkan Bakteri Difteri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Sterilkan Bakteri Difteri

Puskesmas Sterilkan Bakteri Difteri

Written By Angga Praditya on Kamis, 23 November 2017 | 20.30.00

Anak-anak SD di Telukjambe Timur Divaksin Tetanus

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Anak-anak sekolah dasar kelas 1 dan 2 di lingkungan Puskesmas Telukjambe Timur mendapatkan imunisasi Difteri Tetanus (DT) dan Tetanus Difteri (TD). Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) mendapat sambutan antusias masyarakat. Terlebih ancaman bakteri menular difteri itupun lumayan ganas bahkan sudah dinyatakan Keadaan Luar Biasa (KLB) oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang.
Program tersebut dilaksanakan selama lima hari berturut-turut kepada empat sekolah setiap hari dengan mengerahkan sekitar 15 bidan dan tenaga medis Puskesmas Telukjambe Timur. Sasarannya kepada siswa kelas satu dan dua dengan pemberian imunisasi difteri agar terbebas dari bakteri tersebut. "Untuk hari ini, program Bias sudah masuki hari ke tiga. Sasarannya sebanyak 4 sekolah setiap hari dengan kegiatan pemberian vaksin," ucap Koordinator Program Bias Puskesmas Telukjambe Timur Hj. Dewi Handayani. S.St kepada Radar Karawang, Rabu (22/11).
Masih dikatakan Dewi pemberian vaksin dibedakan antara siswa kelas satu menggunakan imunisasi DT (Difteri Tetanus) dengan kapasitas dosis tinggi. Sedang siswa kelas 2 dengan vaksin Tetanus Difteri dosis rendah. Diharapkan melalui program tersebut bisa membebaskan anak-anak Telukjambe Timur dari penyakit difteri yang diklaim Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).
Kepala Desa Telukjambe Uji menyambut baik program BIAS yang dijalankan Puskesmas Telukjambe Timur. Warga termasuk dirinya antusias mengikuti kegiatan program kesehatan bagi siswa sekolah terutama bagi siswa sekolah dasar. Uji mengkhawatirkan pernyataan RSUD kalau epidemi penyakit difteri menjadi wabah mengerikan. Karenanya pemerintah desa terus akan terus melakukan kordinasi dengan puskesmas agar masyarakat di wilayahnya bisa terhindar. "Pesan saya agar bisa diberi imunisasi Difteri Tetanus bagi anak-anak di wilayah kami. Dan kami beruntung Puskesmas kami sigap dan cepat menanggapi persoalan sehingga wilayah kami bisa terhindar dari epidemi bakteri Difteri," tegasnya.
Wishnu (29) warga Desa Wadas menyampaikan jika putrinya sudah diberi imunisasi Tetanus Difteri. Harapannya semoga wilayah Telukjambe Timur ini bisa terhindar dari penyakit yang membahayakan itu. "Sejauh ini anak saya tidak mengeluhkan sakit apapun saat diberi imunisasi. Pemberian vaksin ini sangat baik bagi perkembangannya nanti. Selain itu lingkungan di sekolah juga merupakan sarana berinteraksi dan belum tentu aman dan steril," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template