Purwakarta Punya Bidan Gesit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Purwakarta Punya Bidan Gesit

Purwakarta Punya Bidan Gesit

Written By Mang Raka on Sabtu, 25 November 2017 | 10.21.00

Dipanggil Lewat Aplikasi Smartphone

PURWAKARTA, RAKA - Masyarakat Purwakarta kembali dimanjakan dengan program pelayanan berbasis teknologi. Pemerintah Kabupaten Purwakarta kini telah meluncurkan Program Bidan Gesit atau 'Sampurasun Bidan'.
Tujuannya, untuk meminimalisir angka kematian ibu dan anak. Dalam kondisi yang terbilang urgen semisal persalinan, posisi dan tanggung jawab bidan cukup besar.
Angka kematian ibu dan anak masih terbilang besar di Indonesia. Hal ini karena masih langka dan sulitnya akses mendapatkan pelayanan cepat dari seorang bidan, khususnya di pelosok pedesaan.
"Ke depan, masyarakat yang butuh bidan tinggal mengaksesnya melalui sebuah aplikasi. Nantinya, handphone bidan terdekat akan berbunyi, sebagai tanda jika mereka ada yang memanggil," ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi baru-baru ini.
Bupati dua periode itu menjelaskan, tujuan diluncurkannya program tersebut, tak lain untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan jasa bidan. Misalnya, ada warga yang hendak melahirkan, sang suami tak perlu repot datang ke bidan. Karena dengan meng-klik aplikasi tersebut, bidan desa akan datang ke rumah. "Bagi para suami, tak perlu galau lagi. Bila butuh pertolongan bidan, tinggal buka aja aplikasi ini lalu klik menu 'Sampurasun Bidan' dan bidan pun akan datang ke rumah," jelas dia.
Dedi menambahkan, aplikasi ini merupakan salah satu menu dari aplikasi pelayanan pemerintah berbasis teknologi yang diberi nama 'Ogan Lopian'. Jadi dalam program di satu aplikasi ini, bisa mencakup seluruh keperluan warga. Artinya, tak hanya di bidang kesehatan saja, tapi juga pelayanan di sektor lainnya. Misalnya, pendidikan, Damkar, hingga layanan pemerintahan lainnya bagi warga. "Aplikasi ini, kami beri nama Ogan Lopian. Silahkan tinggal di-download saja di smartphone. Tapi, untuk pelayanan khusus warga Purwkarta," tambahnya.
Ditanya soal jumlah bidan, Dedi menambahkan, sampai saat ini tidak ada problem. Menurutnya, kebutuhan bidan di wilayahnya lebih dari cukup. Bahkan, sudah ada di seluruh desa yang ada. (pwk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template