Proyek Rehab Kantor Disdukcatpil Bangkrut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Proyek Rehab Kantor Disdukcatpil Bangkrut

Proyek Rehab Kantor Disdukcatpil Bangkrut

Written By Mang Raka on Kamis, 09 November 2017 | 12.45.00

KARAWANG, RAKA - Harapan agar pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) seperti sistem pelayanan di bank-bank pada umumnya dan berada dalam satu atap, agaknya masih berupa harapan. Jangankan renovasi total bahkan untuk memperbaiki bagian-bagian bangunan yang rusak saja, Pemerintah Daerah belum mampu. Buktinya, rehab bangunan salah satu gedung yang berlangsung sejak 15 September lalu, pekerjaan belum rampung tetapi dananya sudah habis.
"Pembangunan proyek bangkrut ini mah," ujar Yanto, mandor proyek renovasi atap bangunan kantor Disdukcatpil, kepada Radar Karawang, Rabu (8/11). Yanto mengaku saat awal pekerjaan 15 September lalu pekerjanya mencapai 10 orang. Tetapi dia terpaksa menciutkan anak buahnya secara bertahap hingga sekarang hanya menggunakan dua pekerja.
Yanto pesimis dengan kondisi saat ini saja pekerjaan rehabilitasi gedung kantor Disdukcapil yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karawang bisa dilanjutkan. Apalagi kata Yanto, meski tidak merinci besaran biaya rehab yang masih harus disediakan namun dia menandaskan masih membutuhkan banyak biaya. Sementara Pemda saat ini cuma mampu membayar dua pekerja saja.
Dikatakan Yanto pihaknya hanya melaksanakan tugas sebagaimana mestinya. Dia dan teman-temannya hanya mengganti atap serta meningkatkan ketinggian bangunan sepanjang 20 cm. "Ini hanya perehaban bangunan dipertinggi 20 cm bangunannya, atapnya diganti dengan baja ringan karena sebelumnya sudah rapuh kayu-kayunya. Saya tidak tahu selesainya kapan, tapi kalau melihat di papan proyek sampai Desember," utasnya.
Kasi Pelayanan Kependudukan, Abdul Majid, terkait itu menyampaikan, jika bangunan yang saat ini dilakukan perehaban adalah ruangan pelayanan Pencatatan Sipil tempat pembuatan Kartu Keluarga (KK), perekaman KTP-el dan percetakan surat keterangan (suket). "Prosesnya sudah mau 1 bulan dan kami berharap pekerjaan renovasi ini cepat rampung sehingga aktifitas kerja bisa normal kembali," ucapnya.
Majid juga menyampaikan, jika pihaknya tidak menampik akibat renovasi tersebut saja yang mengeluhkan pelayanan yang berada di catatan sipil lamban. "Kalau kaitan pelayanan sedikit terganggu, tetapi sejauh ini semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik," paparnya.
Sementara itu Kepala Disdukcapil Karawang, Yudi Yudiawan saat dimintai keterangannya mengenai bangunan tersebut, dia enggan memberikan keterangan dengan alasan secara teknis pembangunan semuanya diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PRKP). "Ini cuman direhab, teknisnya dan anggarannya ada di PUPR. Saya belum berani menjawab dulu karena takut salah. Khawatir menjawab begini berbeda dengan teknisnya. Teknisnya belum selesai, mending ke PUPR saja nanti ngobrol lagi dengan saya. Kalau sudah teknis baru kita bicara pelayanan," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template