Program Gratis Sehari Selesai Disosialisasikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Gratis Sehari Selesai Disosialisasikan

Program Gratis Sehari Selesai Disosialisasikan

Written By Angga Praditya on Senin, 27 November 2017 | 21.30.00

KARAWANG, RAKA - Sampai saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) masih terus melakukan sosialisasi terhadap warga untuk mengurus sendiri dokumen kependudukannya mesti dinilai belum optimal.
Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcatpil Nining Ratnaningsih, beberapa waktu lalu, tidak menampik perihal itu. Dia mengatakan himbauan itu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran warga supaya tidak menggunakan jasa orang lain mengurus dokumen kependudukannya. Sehingga dapat memangkas aksi percaloan dokumen kependudukan, kendati diakuinya untuk itu memang masih belum optimal. "Himbauan agar masyarakat mengurus sendiri dokumen kependudukan hingga saat ini belum berjalan secara optimal," katanya.
Karena itu, Nining sendiri hanya mengiyakan jika untuk itupun dinasnya diharapkan bisa melalukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat dengan melibatkan aparatur desa dan kelurahan. Sehingga ketika ada warganya yang mengurus langsung keperluan administrasi kependudukannya ke Disdukcatpil berkasnya sudah lengkap dan bisa langsung dilayani hari itu juga.
Meski diakui Nining, tidak gampang memang untuk menyadarkan masyarakat agar tidak menggunakan jasa calo, tetapi hal itu memang harus diingatkan karena menjadi bagian dari upaya menyadarkan pentingnya mengurus dokumentasi sendiri. "Saat ini satu-satunya upaya yang dilakukan Disdukcatpil masih sebatas mengingatkan aparatnya. Jika melanggar hukum hingga tertangkap saber pungli maka tanggung jawab ada dipundak masing-masing anggota," tandas Nining.
Artinya, tambah Nining, dinas menyerahkan sepenuhnya urusan itu kepada tim saber pungli sebagai instansi berwenangnya. "Untuk menghadang godaan aksi percaloan kami selalu mengingatkan aparatur kami untuk tidak melakukannya. Selain itu kami secara terus menerus memberikan arahan disamping peringatan kalau tertangkap tim saber pungli akan menjadi tanggungjawab sendiri," tegasnya. 
Nining menambahkan, arahan yang diberikan terutama menjelaskan akibat tindakan yang harus dipikirkan karenanya jangan sampai merugikan dan kasihan keluarga. "Bahkan saya jelaskan kalau tertangkap yang rugi selain diri sendiri juga keluarga dirumah akan ikut menjadi korban," jelasnya.
Terkait sulitnya memberantas godaan calo sampai saat ini masih tetap jadi masalah besar. Nining mengaku dirinya memiliki tanggungjawab untuk terus mengingatkan bawahan agar tidak kena masalah," terangnya meski diakuinya juga hal itu sebagai beban.
Dikatakan Nining dilain sisi masih banyak yang enggan mengurus sendiri membuat apa yang ditegadkan Disdukcatpil Karawang sampai saat ini tidak bisa 100 persen berjalan. "Sekarang didalam sudah kita tertibkan tapi kenyataan diluar masyarakat justru masih senang meminta bantuan jasa calo. Ini yang menjadi kendala tersendiri guna tadi menerapkan pengurusan dokumen kependudukan gratis," ujarnya. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template