Polisi Kawal Dana Desa, Kades Waswas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Polisi Kawal Dana Desa, Kades Waswas

Polisi Kawal Dana Desa, Kades Waswas

Written By Mang Raka on Jumat, 10 November 2017 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Desa Duren, Kecamatan Klari, menyatakan siap bekerjasama dengan pihak kepolisian dan kejaksaan terkait Memorandum Of Understanding (MOu) tentang pengawasan pengelolaan dana desa. Selain dana desa pertemuan yang berlangsung Kamis (9/11) di Aula Husni Hamid, Pemkab Karawang, juga membahas peningkatan sumberdaya manusia dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Karawang.
Kepala Desa Duren Abdul Halim sebagai perwakilan kepala desa yang hadir menyampaikan tentang keberatan kepala desa terhadap tindakan aparatur hukum yang main asal tangkap saja terhadap kades bermasalah. "Saya mohon dengan segala hormat agar dikonsultasikan terlebih dahulu kepada bupati. Jangan langsung main ciduk saja," ujarnya kepada Radar Karawang.
Halim berharap terhadap kades-kades bermasalah sebelum ditangkap terlebih dahulu dikonsultasikan dengan kepala daerah. Karena secara jabatan kepala desa merupakan kepala dari sebuah pemerintahan desa dan dibawah pemerintahan kabupaten. "Kami memegang surat keputusan (SK) nya bupati, jadi tolonglah dikonsultasikan dulu kepada bupati sebelum menangkap kami," pintanya seraya menjelaskan jika ada persoalan atau temuan disaat pembangunan di desa oleh tim pemeriksa terlebih dahulu dilakukan laporan terhadap Bupati Karawang.
Masih dikatakan Halim, berkenaan dengan dana desa, bantuan gubernur, Alokasi Dana Desa (ADD) disetiap ada pemeriksaan atau temuan dalam berjalannya pemeriksaan jangan langsung dijustifikasi. Artinya semua yang dilakukan kepala desa salah padahal kepala desa sudah melakukan hal terbaik yang menurutnya sudah benar dan sudah sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang ada. "Kalau memang saat pemeriksaan ada temuan mohon dengan hormat dan sangat, konsultasikan kapan akan diselesaikannya. Beda kalau uangnya dipakai, itu silahkan tangkap karena itu korupsi. Tapi kalau ada kesanggupan dari kepala desa untuk menggantinya berikan kesempatan untuk menyelesaikan," utasnya.
Masih dikatakan Halim saat ada penemuan dalam pemeriksaan yang paling pokok dari a sampai z itu ada sehingga kepala desa diringkus akibat dilaporkan. "Yang lapornya BPD tapi perlu diingat kalau kepala desa itu dipilih. Saya dengan segala hormat berharap persoalan yang menyangkut tentang anggaran dan perilaku kami supaya jangan lansung dikriminalisasi," tandasnya.
Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi menyanggah apa yang disampaikan Kades Duren. Kata Kapolres dikarenakan pada hari ini membuat kesepakatan bersama dan poin inti pada pertemuan tersebut adalah pengawasan, pencegahan dan pendampingan oleh setiap kapolsek dan Bhabinkhamtibmas yang harus sama-sama mengawasi mencegah dan mendampingi agar selalu bisa bersama sama saling mengawasi. "Buat usulnya Ebeh Halim saya terima," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template