Pilpres Dulu, Baru Pilkades - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pilpres Dulu, Baru Pilkades

Pilpres Dulu, Baru Pilkades

Written By Mang Raka on Kamis, 02 November 2017 | 14.17.00

Serentak Digelar Pertengahan 2019

KARAWANG, RAKA - Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Karawang masih menyisakan 112 desa lagi. Meski belum bisa dipastikan seratus persen, namun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa berencana akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa secara serentak setelah pemilihan presiden.
Kepala Bidang Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karawang Budiman Ahmad mengatakan, sejak tahun 2015, sudah digelar dua kali pemilihan kades secara serentak. Dia merinci, pada tahun 2015 lalu, terdapat 177 desa yang melakukan suksesi.
Pada tahun 2017, ada 8 desa yang menggelar pemilihan kepala desa secara serentak. Sedangkan sisanya atau sebanyak 112 desa, akan melaksanakan pemilihan kades secara bersamaan pada tahun 2019. "Pelaksanaan pilkades diagendakan 2019. Itu juga kalau tidak terkendala dan berbarengan dengan pelaksanaan pilpres. Pilpres pada bulan April dan kita ancang-ancang (pilkades) bulan September,"  ujarnya.
Diakuinya, pihaknya khawatir pilpres ada 2 putaran, sehingga otomatis jadwal tersebut bisa menggeser jadwal pilkades serentak. "Pergeseran itu juga menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri," tambah Budiman.
Dijelaskannya pula, sebagai satuan kerja perangkat dinas, pihaknya akan tetap dalam koridor selakupembina yang akan mendorong kinerja kepala desa,supaya tidak terpengaruh dengan situasi politik menjelang pilkades dan suksesi lainnya.
Untuk itu dirinya berharap para kepala desa tetap bekerja melayani masyarakat. Karena jika mengacu undang-undang yang berlaku, salah satu tujuan terbentukannya pemerintahan adalah meningkatkan pelayanan publik. "Jadi (kinerja) kepala desa jangan sampai terganggu," ujarnya.
Dia juga menyindir kepala desa yang tidak aktif mengikuti kegiatan pemerintahan, salah satunyarapat minggon. "Bagaimana bisa menyebarkan informasi dari atas untuk disampaikan ke masyarakat, kalau kadesnya tidak ikut minggon," sindirnya.
Soal kinerja para kepala desa, sebelumnya Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karawang Alex Sukardi mengakui, kinerja rekan-rekan sejawatnya selalu menjadi sorotan, terlebih dengan banyaknya gelontoran anggaran dari pemerintah. Karena diakuinya pula, selain kepanjangtanganan pemerintah, jabatan kepala desa merupakan jabatan politik. Sehingga tak jarang sepak terjangnya menjadi incaran lawan politik pada saat pemilihan kepala desa. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template