Petani Telukjambe Barat Persiapan Tanam Padi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Telukjambe Barat Persiapan Tanam Padi

Petani Telukjambe Barat Persiapan Tanam Padi

Written By Angga Praditya on Senin, 13 November 2017 | 17.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Kendati intensitas hujan masih rendah Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pertanian dan Pangan Kecamatan Telukjambe Barat menghimbau petani untuk mulai mempersiapkan musim tanam awal bulan ini.
Hal itu diungkapkan Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Telukjambe Barat Drs. Abidin kepada 50 Petani sekecamatan Telukjambe Barat saat sosialisasi awal tanam padi di Aula Kantor Balai Pertanian Kecamatan Telukjambe Barat, Minggu (12/11). "Memonitor termasuk menganalisis dan memprediksi cuaca atau iklim perlu dilakukan agar dapat dilakukan penilaian dan upaya penyesuaian terhadap cuaca yang terjadi dan akan terjadi," ucap Abidin. 
Abidin menjelaskan perlunya memonitor kegiatan pertanian dan kehidupan tanaman yang berlangsung secara terus-menerus dan fase demi fase, dimana setiap fase memerlukan kondisi cuaca tertentu. Demikian pula cuaca terus-menerus berlangsung dan juga selalu berubah. Sementara perubahan tersebut tidak selalu sejalan dengan yang diperlukan bagi tanaman dalam fase itu. Dirinya pun menegaskan sosialisasi itu dimaksudkan agar perkembangan dan kesuburan tanaman padi bisa serentak dilakukan pengawasan juga mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi wilayah binaannya. Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan.
Rozak (44) Petani Desa Margamulya mengatakan UPTD Pertanian kini ikut juga bertanggung jawab mengawal pertanian di wilayah binaan masing-masing untuk melaksanakan tugas itu semaksimal mungkin. Ia pun membenarkan untuk mencapai hasil maksimal, penyuluh pertanian desa (PPL) turun ke sawah ikut mendampingi petani. Dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen. Selain itu PPL dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan agar mendapatkan hasil yang maksimal. "PPL Kecamatan Telukjambe Barat semua aktif dan ikut berperan dalam sukseskan penanaman awal padi ini," ucapnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template