Perda Kesehatan Jiwa Segera Rampung - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perda Kesehatan Jiwa Segera Rampung

Perda Kesehatan Jiwa Segera Rampung

Written By Mang Raka on Selasa, 07 November 2017 | 16.30.00

PURWAKARTA,RAKA -  Peraturan daerah (Perda) tentang Kesehatan Jiwa yang saat ini tengah digodok oleh pansus V DPRD Provinsi Jawa Barat, tidak lama lagi bakal segera rampung. Hal ini seperti disampaikan oleh anggota Komisi V DPRD Jawa Barat H Rustandie SH. 
"Perda Kesehatan Jiwa ini menjadi penting, karena masih kurangnya sarana prasarana yang mendukung penanganan pasien dengan gangguan kesehatan jiwa. Di Provinsi Jawa Barat, saja baru ada satu rumah sakit jiwa (RSJ), yakni RSJ Cisarua. Pun halnya dengan masih kurangnya SDM dokter spesialis jiwa. Di Purwakarta misalnya, hanya ada seorang," kata Rustandi, di Purwakarta belum lama ini.
Rustandie juga menilai, pemahaman masyarakat masih minim terkait gangguan kesehatan jiwa. "Masih banyak yang menganggap ini guna-guna, bukannya dibawa ke rumah sakit jiwa malah ke tempat lain yang tidak seharusnya," ujarnya.
Dengan adanya Perda Kesehatan Jiwa, sambun dia, maka setiap rumah sakit umum daerah harus memiliki 10 bed khusus untuk pasien kesehatan jiwa. "Perda tersebut juga akan memudahkan kerja sama dengan Yayasan Mentari Hati Kota Tasikmalaya pimpinan Dadang Heryadi atau yayasan sejenis lainnya," kata Rustandie.
Selain itu, dengan terwujudnya Perda Kesehatan Jiwa, kata dia, tidak ada lagi kasus kurangnya obat-obatan dan tenaga kesehatan. "Bahkan dalam perda tersebut juga akan menyediakan beasiswa pendidikan dokter spesialis jiwa," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template