Penyuluh Pertanian se-Purwakarta Hanya 91 Orang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penyuluh Pertanian se-Purwakarta Hanya 91 Orang

Penyuluh Pertanian se-Purwakarta Hanya 91 Orang

Written By Mang Raka on Rabu, 08 November 2017 | 15.37.00

PURWAKARTA,RAKA - Jumlah tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Purwakarta saat ini hanya 91 orang. Jumlah tersebut masih kurang karena ada 183 desa dan 9 kelurahan di Purwakarta. Idealnya, 1 PPL menangani satu desa.
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Purwakarta, Agus Rahlan Suherlan, mengaku masih kekurangan jumlah tenaga PPL. Saat ini jumlah PPL di Purwakarta berjumlah 91 orang yang membina dan mendampingi 740 Kelompok Tani (Poktan). "PPL memegang peranan penting dalam peningkatan produktifitas pertanian. Saat ini, kita terus berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan kualitas para PPL yang jumlahnya terbatas," kata Agus, saat ditemui Radar Karawang, Selasa (7/11).
Ia mengatakan, fungsi PPL bukan hanya melakukan penyuluhan dan pendampingan, tapi semua administrasi di lapangan dibebankan pada masing-masing PPL. "Peran PPL sangat penting di masyarakat, khususnya para petani. Sebab selain mendampingi dan melakukan terhadap petani, juga adminstrasi lapangan mereka yang pegang, kendala yang ada yaitu dengan terbatasnya jumlah dan kompetensi karena jumlah PPL juga terbatas, sehingga perlu ada peningkatan dalam aspek kuantitas dan kualitas yang bertahap secara terus menerus,'' ujarnya.
Meski PPL terbatas, namun Agus berharap, para kelompok tani dapat menjaga komitmen dalam kegiatan usaha baik, baik itu memperhatikan akses sarana dan prasarana, lahan kemudian sampai ke penjualan akhir.
Sementara itu Kepala Seksi Penyuluhan Pertanian Purwakarta, Sentot menambahkan, jumlah Poktan di Purwakarta 740 yang terbagi di 183 desa dan 9 kelurahan. Sehingga 1 PPL bisa mengurusi 3 sampai 4 desa yang hematnya satu desa satu penyuluh. "Kita saat ini berharap adanya PPL swadaya yang bersumber dari Poktan yang memiliki kemampuan, pengalaman dan komitmen untuk mengembangkan aktivitas tani di kelompoknya," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template