Pegawai Kecamatan Bingung Sistem Absen SIAP - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pegawai Kecamatan Bingung Sistem Absen SIAP

Pegawai Kecamatan Bingung Sistem Absen SIAP

Written By Angga Praditya on Kamis, 16 November 2017 | 15.30.00

TEGALWARU, RAKA - Sistem Informatika Absensi Pegawai (SIAP) yang menjadi program Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Karawang membuat pegawai Kecamatan Tegalwaru kepusingan. Pasalnya mereka belum terbiasa dengan teknologi tersebut.
Sistem absensi baru yang di program oleh Badan Kepegawaian Daerah ini lebih detail karena alat finger print berbasis online disertai potret foto pegawai di lokasi kerjanya masing-masing. Program ini wajib dilakukan aparatur desa dan kecamatan di tiap-tiap lingkungan kerjanya masing-masing, termasuk pegawai Kecamatan dan satuan polisi Pamong praja yang statusnya PNS.
"Ini tengah belajar bagaimana sistem absensi itu bisa kami pahami. Sistem ini memang baik paling tidak melalui itu kita jadi tidak gagap teknologi (Gaptek). Pokoknya setelah absensi itu berjalan kami sudah siap," ucap Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Tegalwaru Atam kepada Radar Karawang, Rabu (15/11).
Menurut dia, Program absen itu bukan saja persoalan sidik jari akan tetapi karyawan pun mesti bisa memperlihatkan bahwa jam kerja mereka masih di lokasi kerja. Meskipun demikian lanjut dia absensi berbasis online, implementasinya akan mulai berlaku di bulan Desember 2017 mendatang.
Senada itu Staf Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kecamatan Tegalwaru Madrofa menerangkan jika absensi berbasis online itu diterima oleh perangkat utama di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Karawang dan semua menggunakan teknologi internet. Menurut nya, aplikasi absen bisa di unduh pada telepon seluler pegawai, akan tetapi sistem absen itu bisa terdeteksi oleh perangkat besar data yang di pasang di tiap-tiap Kecamatan. "Nantinya akan terdeteksi gunakan radius sekitar 300 meter dari kantor kerja, meski demikian yang saat ini sangat di permudah hanya absensi tidak lagi mesti di Finger print saja, di telepon seluler masing-masing pun bisa di gunakan untuk absen, hanya belum semua nya faham dan perlu pembelajaran secara benar,"ucapnya.
Di tempat terpisah, Kepala seksi Ekonomi dan pembangunan Kecamatan Tegalwaru H. Jumria membenarkan program tersebut belum semua karyawan ketahui dengan benar. Aplikasi yang sudah ada mesti andalkan server kantor guna deteksi keberadaan karyawan. "Absen kali ini akan lebih jelas dan nyata terlebih foto kita mesti ada dan menegaskan bahwa kita bekerja sesuai waktu," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template