Paten di Tegalwaru Sepi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Paten di Tegalwaru Sepi

Paten di Tegalwaru Sepi

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 November 2017 | 16.06.00

TEGALWARU, RAKA - Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Kecamatan Tegalwaru, yang digelar Jumat (3/11), sepi peminat. Informasi yang diterima, itu terjadi karena kurangnya sosialisasi dari tingkat pemerintahan desa kepada masyarakat, sehingga banyak warga yang tidak tahu.
Kegiatan pelayanan yang berlangsung di lingkungan kantor kecamatan itu sudah seharusnya bisa diketahui masyarakat terutama di wilayah Kecamatan Tegalwaru. Namun sayang sosialisasi di tingkat desa ke masyarakat tidak berjalan baik, sehingga banyak warga yang tidak mengetahui adanya pelayanan PATEN di Kecamatan Tegalwaru. Bahkan sejumlah warga tetap menjalankan aktifitas kesehariannya.
Diakui mereka, hari dan tanggal pelaksanaan program itu banyak yang tidak tahu persis. Padahal memang sudah seharusnya adanya pelayanan itu dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama bagi masyarakat awam dan tidak mampu.  Seperti dituturkan Asep (44) Warga Kampung Cinaga, Desa Kutalanggeng. Pelaksanaan kegiatan pelayanan PATEN tidak diketahuinya secara jelas kapan waktu dan tempat pelaksanaan. "Mungkin kalau tahu saya pasti akan jalan ke kecamatan untuk memperpanjang SIM saya dan pengen tahu bagaimana cara membuat kartu BPJS," ucap Asep.
Diakui Asep, banyak sudah program yang digelindingkan oleh pemerintah tidak sampai informasinya ke bawah. Dirinya pun menyampaikan jika hanya relasi dan keluarga dekat pegawai pemerintahan saja yang tahu kapan rencana dan program - program pemerintah yang bakal dilaksanakan.
Bayong (35) warga Kampung Parakan Badak Desa Mekarbuana pun mengungkapkan hal sama. Informasi yang didapat tidak begitu akurat hingga dirinya pun tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Dibenarkan Bayong, program dari pemerintah tidak pernah diketahui dengan lengkap. Sementara berbagai program banyak sudah diturunkan. "Contoh saja program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang pernah digulirkan hanya dusun Jayanti saja, Dusun Parakan Badak, Cijati dan Cipeuteuy tidak pernah kami ketahui, bagaimana bisa merata informasi nya," tandasnya.
Jejen, tokoh masyarakat Desa Mekarbuana, menyampaikan kepala desa harus memberi informasi dengan jelas ke masyarakat guna program pelayanan dari pemerintah bisa berjalan baik. Ia pun melanjutkan bahwa persoalan sosialisasi itu menurutnya bagaimana kepala desa mensikapinya. Jika serius maka pemberitahuan akan mudah tercapai hingga ke pelosok.
"Pelaksanaan Paten yang saya amati hanya dipenuhi warga yang ikut mengantar anak-anak nya yang di PAUD dalam acara mewarnai saja, selebihnya hanya pedagang, sementara tujuan nya mesti sampai ke masyarakat level terbawah, ini peran kepala desa nya juga supaya cerdik pemberitahuan sampai ke bawah, agar masukan ini bisa didengarkan," pungkas Jejen. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template