Pasgatika Sajikan Keberanian Bung Tomo - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasgatika Sajikan Keberanian Bung Tomo

Pasgatika Sajikan Keberanian Bung Tomo

Written By Angga Praditya on Senin, 13 November 2017 | 18.00.00

TELAGASARI, RAKA - Ada pemandangan berbeda saat upacara bendera di halaman sekolah SMP Islam Nurul Falah, Desa Pasirmulya, Kecamatan Majalaya, akhir pekan kemarin. Selain menjadi medan tempur, halaman sekolah itu juga jadi lokasi pertumpahan darah pejuang kemerdekaan.
Aksi siswa SMP Islam Nurul Falah itu dikemas menarik dalam bentuk seni drama kolosal memperingati Hari Pahlawan 10 November yang disajikan pasukan penggalang inti pramuka (Pasgatika) SMP Islam Nurul Falah. Dadang Maulidin S.pd Pembina Pramuka SMP Islam Nurul Falah, mengatakan materi drama kolosal bertema perjuangan pahlawan ini
mengambil cerita sejarah Bung Tomo yang berupaya merobek bendera penjajah kala itu.
Tragedi berdarah dan semangat perjuangan yang ditorehkan dicoba untuk diperankan para anggota inti pramuka selepas upacara resmi, tujuannya sebut pria yang akrab di sapa Manaf ini untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa, secara khususnya bagi para siswa siswi MI dan SMP Islam Nurul Falah. "Persiapan kita lakukan secara matang. Apalagi ini cerita kolosal sejarah yang harus digarap serius dan membuat penikmatnya larut dalam kisah perjuangan," ujarnya.
Lebih jauh Manaf menambahkan memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan merupakan pesan yang disampaikan dalam drama kolosal ini. Walaupun hanya dengan durasi kurang dari 1 jam, tapi pesan-pesan perjuangan itu diharapkan bisa diserap semua siswa SMP Islam Nurul Falah. Kedepannya, sebut Manaf, drama-drama semacam ini diharapkan bisa kontinyu digelar di hari-hari besar nasional. "Walau durasinya pendek, tapi pesan moral perjuangannya ini bisa disampaikan secara optimal," tuturnya.
Kepala SMP Islam Nurul Falah Hasan Bukhori Agustian SH mengapresiasi keseriusan dan kematangan suguhan yang disajikan peserta didiknya. Drama kolosal bukti kreatifitas anak-anak di sekolahnya juga bisa lebih baik, disamping juga prestasi ekstrakulikuler lainnya. Ada yang lebih mengesankan lagi dalam kegiatan hari pahlawan ini sebagai wujud memperingatinya, yaitu kostum guru-guru semuanya bertema pahlawan, hingga penampilan drama kolosalnya yang ditopang dengan atribut lengkapnya yang juga bernuansa perjuangan.
Pihak sekolah dan yayasan, sambung Hasan, sangat mendukung pengembangan dan kemajuan kreatifitas para peserta didik, karena menorehkan prestasi dan semangat belajarnya, sama dengan pahlawan. "Kita apresiasi suguhannya sangat matang dan membuat merinding," ujarnya.
Lebih jauh dia berharap dengan kegiatan hari pahlawan ini selain mengajak semua elemen Sekolah untuk terus mendoakan para pahlawan, juga berdoa agar generasinya saat ini, bisa melanjutkan estafet mempertahankan kemerdekaan dan memperjuangkannya dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki setiap individu. "Banyak pesan yang disampaikan para pendahulu kita, maka renungkan dan doakan selalu," serunya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template