Pangkas Ranting Pohon Rindang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pangkas Ranting Pohon Rindang

Pangkas Ranting Pohon Rindang

Written By Angga Praditya on Kamis, 30 November 2017 | 17.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Hujan disertai angin besar sering terjadi di wilayah Karawang. Guna meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat bencana tersebut, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten Karawang mulai menyisir wilayah utara dengan melakukan pemangkasan ranting pohon, khususnya ranting pepohonan di Jalan Rengasdengklok-Tanjungpura yang dinilai mengkhawatirkan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.
Jalur Rengasdengklok-Tanjungpura dinilai sangat mengkhawatirkan, selain bergelombang, sepanjang jalur tersebut dipenuhi ranting pohon yang rindang dan dinilai membahayakan. Menurut Dayat, pelaksana lapangan dinas PRKP, manfaat adanya pohon ditepian jalan memang sangat terasa, namun akbibatnya pun akan lebih fatal jika pengawasan yang dilakukan secara rutin oleh pihak terkait kurang diperhatikan. Terutama, ranting besar yang menutupi badan jalan, yang diniali sangat membahayakan pengendara yang melintas. Apalagi di musim hujan disertai angin seperti sekarang ini.  “Antisipasi sebelum terjadinya kecelakaan, khawatir ranting besarnya jatuh tertiup angin dan menimpa pengendara,” katanya, kepada Radar Karawang, Rabu (29/11) kemarin.
Dikatakannya, sebelumnya dinas PRKP sudah melakukan kegiatan tersebut di tempat lain yang dinilai membahayakan. Mengingat, hujan dan angin besar yang akan melanda Karawang tidak akan bisa dipredikisi kapan datangnya. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dirinya diinstruksikan untuk melakukan pemangkasan di daerah-daerah rawan bencana.
Meskipun sempat macet, pemotongan ranting ini tidak banyak diprotes oleh pengguna jalan. Seperti halnya Kuswanta (29), pengndara yang mengaku sedang melakukan perjalan pulang, dirinya sempat khawatir dengan keadaan ramai-ramai di jalan. Karena sebelumnya ia menduga jika kemacetan tersebut merupakan razia kendaraan. Namun setelah mengetahui sedang ada pemangkasan ranting pohon, ia mengaku jika hal tersebut merupakan langkah baik untuk menghindari kecelakaan.”Ya bagus sih, dari pada kena angina dan malah menimpa pengguna jalan.Cuma awalnya saya mengira jika kerumunan ini sedang ada razia,” sebut Karyawan salah satu perusahaan di Karawang tersebut.
Kuswanta pengendara yang mengaku berasal dari Kecamatan Batujaya tersebut, mengapresiasi kegiatan tersebut. Mengingat, keadaan jalan tersebut memang dinilai cukup rawan kecelakaan karena keadaan jalan yang yang bergelombang dan sedikit gelap akibat terhalang ranting pepohonan. Ia mengakui jika banyaknya pohon di tepian jalan memang sedikit membantu untuk beristirahat, namun jika tidak diurusi hal tersebut justru akan membuat bahaya pengendara. ”Sebenarnya bagus banyak pohon di tepi jalan, ada warung juga bisa istirahat, tapi kalau rantingnya gak di pangkas khawatir nimpah juga sih, bagus lah dengan adanya kegiatan pemangkasan ini, kita merasa lebih aman,” pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template