Ngurus Kartu Keluarga Bisa di Kantor Camat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ngurus Kartu Keluarga Bisa di Kantor Camat

Ngurus Kartu Keluarga Bisa di Kantor Camat

Written By Angga Praditya on Kamis, 16 November 2017 | 18.30.00

KARAWANG, RAKA - Keterlibatan pemerintah desa dan kelurahan dinilai cukup penting untuk memangkas panjangnya antrean pemohon administrasi kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil). Paling tidak ketika ada warganya yang mengurus dokumen itu ke kantor dinas tersebut sudah lengkap berkasnya, sehingga tidak harus bolak-balik ke kantor dinas itu.
Ketika perihal itu dikonfirmasi, Kasi Pindah dan Datang Disdukcatpil Sumingan tidak menampil jika selama ini pemohon administrasi kependudukan harus beberapa kali datang ke Disdukcatpil karena berkas yang diajukan belum lengkap. Padahal, hal itu tidak harus terjadi jika aparatur desa dan kelurahan memberikan pengarahan sebelum membiarkan warganya mengurus sendiri keperluannya ke Disdukcatpil.
Kendati diakuinya, tanpa pengarahan itupun Disdukcatpil sudah memberikan himbauan-himbauan mengenai berkas-berkas yang mesti dilengkapi sesuai dokumen yang dimohonkan.
"Sejauh ini masyarakat kurang memperhatikan himbauan-himabuan yang diberikan untuk mengurus dokumentasi kependudukan. Padahal himbauan itu penting agar mereka tidak bolak-balik karena berkasnya kurang lengkap," katanya.
Selain itu, pemerintah desa dan kelurahan pun dinilai berperan penting untuk menggugah kesadaran warga untuk memiliki identitas kependudukan. Karena sebagai warga negara warga harus memiliki identitas kewarganegaraan. "Selain KTP dokumentasi kependudukan yang banyak diurus warga adalah kartu keluarga (KK). Kartu Keluarga merupakan Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga," jelas Sumingan.
Sumingan juga menerangkan jika ada perubahan terhadap struktur keluarga, maka warga wajib melaporkan perubahan ke Kantor Kelurahan sebelum mengurusnya ke kantor dinas. Namun setelah pengurusan warga tersebut akan membawa 2 (dua) lembar Kartu Keluarga yaitu yang disimpan oleh Kepala Keluarga dan oleh Ketua RT dan dari hasil perlaporan tersebut akan diterbitkan Kartu Keluarga baru. Sumingan mengatakan menyusul derasnya pertanyaan terhadap perubahan struktur keanggotaan keluarga dalam kartu keluarga.
Sementara menyinggung lambannya pelayanan di lokasi pelayanan kependudukan Disdukcatpil, hal itu tidak bisa dibantah akibat kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di dinas tersebut. Sehingga sempat membuat kesal warga yang mengurus dokumentasi kependudukan di kantor dinas itu. Masalahnya, karena kurangnya tenaga kerja pelayanan jadi lamban. Padahal dinas ini selalu menyebut-nyebut siap memberikan pelayanan prima dan cepat.
Akibat kekurangan pegawai itu kualitas pelayanan di kantor Dinas Dikdukcatpil menjadi tidak optimal. Sehingga mempengaruhi efektifitas pelayanan di kantor dinas tersebut. Sehingga acap kali dikeluhkan warga yang memohon dukumen kependudukannya karena merasakan lambannya pelayanan.
Terhadap itu, Kabid Kependudukan Disdukcatpil Dra. Lilis Jayasutisna, M.Pd, juga tidak menyangkal kalau efektifitas pelayanan di kantor dinasnya lamban. Untuk itu, Lilis berharap agar keterbatasan itu bisa terminimalkan peran serta setiap kecamatan penting untuk dioptimalkan. Terutama dalam hal pelayanan kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) cukup diurus lewat kecamatan.
Sehingga masyarakat tidak harus mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengurus bukti kependudukannya. Selain itu, tambah Lilis, disdukcatpil memiliki petugas berupa Tenaga Harian Lepas (THL). Mereka sudah digaji dan salah satunya memiliki tugas dalam pembuatan KK. Melalui petugas-petugas ini sama juga masyarakat mengurus dokumen kependudukannya di Disdukcatpil. "Masyarakat yang ingin membuat KK cukup sampai tingkat kecamatan. Selanjutnya petugas kami tenaga harian lepas (THL) ditingkat kecamatan yang mengurus ke Disdukcatpil," terang Lilis. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template