Nabung Daging Sapi Pakai Limbah Plastik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nabung Daging Sapi Pakai Limbah Plastik

Nabung Daging Sapi Pakai Limbah Plastik

Written By Angga Praditya on Kamis, 16 November 2017 | 13.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Badan Unsaha Milik Desa (BUMDes) Anugerah Sejati, Kecamatan Rengasdengklok, mengelola limbah plastik yang dikumpulkan oleh warga. Limbah plastik itu nantinya akan dikembalikan pada warga berbentuk daging sapi pada saat Idul Fitri.
Bertempat di Dusun Sasak Desa Amansari, kepala desa beserta Camat Rengasdengklok yang di wakili Kasi PMD Rengasdengklok meresmikan 2 mesin penggilingan limbah plastik yang nantinya akan dioperasikan sekaligus dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai perusahaan yang digawangi BUMDes.
Menurut Direktur BUMDes Anugerah Sejati, Desa Amansari Danim, 15% dari dana desa yang dialokasikan untuk BUMDes dikelola menjadi sebuah perusahaan limbah plastik. Di lengkapi 2 mesin penggilingan plastik. Dalam peresmian yang di gelar, Rabu (15/11) tersebut, dirinya berharap keaktifan BUMDes bisa membantu perekonomian warga. "Kita libatkan masyarakat dengan memberikan kesibukan baru, limbah plastik yang dikerjakan oleh masyarakat itu kita kumpulkan, dan nantinya akan kita tukar dengan daging sapi menjelang lebaran," katanya sambil mengusap air mata karena haru.
Menurutnya, meskipun dirinya sebagai direktur, namun perusahaan tersebut merupakan milik masyarakat dan untuk masyarakat. Ia ditugaskan hanya untuk mengelola agar perusahaan tersebut berjalan sesuai yang diamanatkan. Alokasi dana desa yang diperuntukan untuk BUMDes sebesar Rp 142 juta ini ia fokuskan untuk membuka perusahaan agar mesyarakat mempunyai kesempatan untuk usaha.
Kepala Desa Amansari H Hanafi mengatakan, selain biaya Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang di gratiskan, salah satu penggunaan dana desa digunakan untuk membentuk usaha di bidang limbah plastik, sekaligus membangun tempat dan membeli mesin cacah. Ia berharap agar perusahaan tersebut di kelola dengan baik oleh kelompok BUMDes. "Usaha ini milik masyarakat, agar masyarakat dapat meningkatkan perekonomiannya dengan cara memanfaatkan limbah plastik dan dijual ke BUMDes," tuturnya.
Digunakannya dana BUMDes di bidang usaha pengelolaan limbah plastik mendapat dukungan dari Kasi Pemberdayaan Desa (PMD) Kecamatan Rengasdengklok Khaerul Bahri. Dirinya mengaku sangat mengapresiasi usaha yang dikelola oleh BUMDes Desa Amansari dengan mengelola limbah sekaligus bisa memberdayakan masyarakat. "Jika saja semua desa bisa seperti ini, mungkin masyarakatnya bisa sejahtera. Ini harus menjadi contoh bagi desa lain," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template