Misteri Hilangnya Suket Terungkap - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Misteri Hilangnya Suket Terungkap

Misteri Hilangnya Suket Terungkap

Written By Angga Praditya on Rabu, 22 November 2017 | 11.00.00

KARAWANG, RAKA - Misteri hilangnya surat keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) terungkap. Surat keterangan pengganti KTP elektronik itu tidak menghilang melainkan karena belum adanya penanggalan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di pencatatan sipil pusat. Sehingga belum bisa dikeluarkan sebagai keterangan sementara identitas kependudukan.
Kabid Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Lilis Jayasutisna M.Pd, mengatakan itu kepada Radar Karawang, Selasa (21/11) di ruang kerjanya. Dia menjawab keresahan masyarakat mengenai Suket yang belum juga dikeluarkan Disdukcatpil. Padahal ada yang mengajukan sudah sampai tiga bulan. "Pencatatan sipil pusat belum memberikan penanggalan NIK, jadi belum bisa didistribusikan kepada masyarakat," ungkap Lilis.
Lilis tidak menampik jika sebulan terakhir ini masyarakat dibuat resah karena surat keterangan pengganti KTP el yang mereka urus tak kunjung dikeluarkan. Padahal Suket itu amat mereka butuhkan, baik untuk mencari pekerjaan maupun kepentingan lainnya. Sementara Disdukcatpil sendiri belum melakukan sosialisasi terkait belum dikeluarkannya surat keterangan tersebut.
Untuk itu Lilis menyarankan agar masyarakat yang sangat memerlukan Suket sementara bisa langsung mendatangi Disdukcatpil dengan persyaratan yang berlaku untuk mendapatkan suket secara manual dengan membawa Foto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar. "Silahkan untuk masyarakat yang keperluannya mendesak datang langsung ke Disdukcatpil. Nanti kita buatkan Suket sementara untuk membantu keperluannya," tandas Lilis.
Diakui Lilis, dinasnya sudah tidak mengeluarkan Suket sejak September lalu. Itupun bukan terkendalanya bukan di daerah melainkan di pusat. "Suket itu sudah dari bulan September dan sampai sekarang jumlahnya sudah mencapai 33.000 pemohon," ujar Lilis.
Lilis juga menyampaikan kabupaten sendiri sudah melakukan komplain ke pusat ketika rapat kordinasi nasional (Rakornas) di Jakarta beberapa waktu lalu untuk mendorong agar persoalan tersebut bisa diminimalkan. "Sekarang bagi masyarakat yang betul-betul membutuhkan Suket bisa langsung ke Capil membuat suket manual dengan di tandatangani oleh saya," ujarnya.
Masih dikatakan Lilis, menghilangnya suket sejak September lalu menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat. Namun Lilis mengingatkan jika hal tersebut terjadi bukan saja di Kabupaten Karawang tetapi juga kabupaten-kabupaten lain. "Permasalahan suket ini terjadi secara Nasional dan itu kita bahas dalam giat Rakornas," paparnya.
Lilis berharap sekalipun dengan mengharuskannya masyarakat menunggu untuk mendapatkan Suket apalagi KTP bukan suatu halangan bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman agar segera melakukan perekaman karena pihaknya menginginkan jika akhir Desember mendatang seluruh perekaman wajib KTP-el sudah rampung. "Bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman diharapkan segera melakukan dikarenakan Desember itu targetnya harus rampung," tandasnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template