Minim Even Musik Tradisional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Minim Even Musik Tradisional

Minim Even Musik Tradisional

Written By Angga Praditya on Senin, 27 November 2017 | 20.00.00

KARAWANG, RAKA- Salah satu untuk meningkatkan peminat, kualitas serta motivasi bermain angklung, bisa digenjot melalui kompetisi atau festival. Sayangnya, di Karawang ini minim even perlombaan angklung yang bisa diikuti oleh pegiat angklung di Karawang, khususnya sekolah yang memiliki ekstra kurikuler (Ekskul) angklung.
Pembina ekskul angklung SMP IT Mentari Ilmu Teguh Dwi Utomo mengatakan, ekskul angklung sudah ada di sekolahnya sejak 2010 sampai saat ini. Minat pelajar menggeluti angklung juga cukup bagus. Bahkan, dari ekskul lainnya yang ada di sekolah, angklung yang paling banyak diminati siswa. "Setiap penerimaan siswa baru, kami selalu menggelar demo. Dari situ, siswa baru jadi tertarik. Jadi, minat siswa mempelajari angklung ini di sekolah kami cukup bagus. Sekarang yang tampil ini semua dari kelas 9," paparnya, , usai membimbing siswanya tampil di salah satu mall di kawasan Galuh Mas Karawang, Minggu (26/11) kemarin.
Siswa yang belajar angklung, terusnya, tidak hanya dari kelas 9, tapi juga ada dari kelas 7. Sejauh ini tidak ada kendala dalam proses latihan. Hanya saja, untuk pemula, dia harus bekerja ekstra dalam mendidik anak-anaknya agar mengerti dengan apa yang diajarkan. "Kendala tidak ada, mungkin untuk anak-anak pemula agak susah, tapi lama kelamaan juga mereka bisa, jadi tidak terlalu sulit," ucapnya.
Namun sayangnya, lanjutnya, even angklung di Karawang masih minim. Dia sering menghadiri undangan even justru dari luar. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi semangat siswa untuk berlatih angklung. Siswa berlatih angklung di sekolah seminggu sekali. Kecuali jika ada lomba, porsi latihan ditingkatkan agar pertunjukannya bisa maksimal. "Kalau di Karawang even kurang. Kami latihan seminggu sekali di sekolah, kalau ada lomba bisa ditingkatkan lagi latihannya," ungkapnya.
Diteruskannya, ekskul angklung yang dibinanya ini, cukup berprestasi. Berhasil menjadi juara diberbagai perlombaan yang pernah diikutinya. Hal itu merupakan hasil kerja keras latihan siswa yang dilakukan selama ini di sekolah. "Kalau prestasi, kina pernah meraih sejumlah perlombaan. Di tingkat kabupaten kita pernah juara 1, tingkat nasional juga pernah juara 1," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template