Linmas Diajarkan Padamkan Api - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Linmas Diajarkan Padamkan Api

Linmas Diajarkan Padamkan Api

Written By Angga Praditya on Jumat, 17 November 2017 | 16.30.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang menggelar simulasi penggunaan alat pemadam kebakaran dan pencegahan terjadinya kebakaran kepada aparatur Desa Sukamulya, Kecamatan Telukjambe Barat.
Kegiatan yang digelar selepas rapat internal desa tersebut berlangsung di halaman kantor Desa Sukamulya dan melibatkan 20 perangkat Desa Sukamulya. Selain dibimbing langsung petugas BPBD dan Satpol PP kecamatan. "Aparatur desa memang sudah semestinya waspada sehingga siap menghadapi segala kemungkinan. Termasuk kemungkinan terjadinya bencana kebakaran," tegas Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Telukjambe Barat Bambang Heryawan, Kamis (16/11).
Dijelaskan Bambang seluruh pegawai Desa Sukamulya satu persatu diajari menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan cara memadamkan api yang benar. Diapun membenarkan Sebelum melalukan simulasi dan  praktek juga penanganan, terlebih dahulu tim BPBD di bidang penanggulangan kebakaran memberikan teori. "Tujuannya agar jika terjadi kebakaran sedini mungkin kita bisa langsung memadamkan apinya. Apakah menggunakan apar atau dengan cara menutup sumber api dengan karung basah," tandas Bambang.
Melalui simulasi penanggulanan kebakaran ini, tambah Bambang, nantinya setiap perangkat desa bisa dengan cepat memadamkan api jika terjadi kebakaran di wilayahnya. Sehingga dengan penangan cepat itu kemungkinan terburuk kerugian yang terjadi bisa diminimalkan. Selain ini juga keterampilan yang berguna bagi perangkat desa secara individu.
Di tempat terpisah, Kepala Desa Sukamulya Iman Budiman menerangkan musibah kebakaran bukan hanya tanggung jawab Dinas Pemadam Kebakaran namun secara tidak langsung juga menjadi tanggung jawab masyarakat. Untuk itu masyarakat juga harus mengetahui tata cara memadamkan api. Sehingga upaya pencegahan dini terhadap kebakaran yang lebih besar tidak terjadi. "Mencegah bahaya kebakaran sebenarnya jauh lebih mudah dimulai dari lingkungan di dalam rumah terlebih dahulu. Misalnya, membiasakan untuk memeriksa kompor dan aliran listrik sebelum tidur," ucapnya.
Selain memeriksa kompor, lanjut Iman, lampu minyak atau lilin juga perlu dipastikan dalam keadaan tidak menyala saat akan meninggalkan rumah. Begitu pun dengan peralatan elektronik, misal seterika, kipas angin, atau kompor listrik, jangan dibiarkan menyala atau tetap tertancap di saklar. "Bahaya kebakaran terkadang juga terjadi akibat kekuranghati-hatian, ketidaktahuan dan kecerobohan manusia. Untuk itu saya meyambut baik kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran ini agar aparatur kami jauh lebih waspada dan tenang dalam menghadapi situasi kebakaran," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template