Layanan Sehari Selesai Disosialisasikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Layanan Sehari Selesai Disosialisasikan

Layanan Sehari Selesai Disosialisasikan

Written By Angga Praditya on Kamis, 30 November 2017 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Kalau dokumen kependudukan yang dimohonkan ingin cepat dan gratis semua berkas yang dimohonkan harus lengkap dan mengurusnya tanpa menggunakan jasa orang lain.
Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang Nining Ratnaningsih, belum lama ini. Nining sendiri tidak menyangkal kalau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) memiliki layanan one day service satu hari selesai. "Untuk layanan one day service satu hari selesai semua berkas persyaratan pemohon harus lengkap, sehingga bisa langsung diproses hari itu juga dan itu juga berlaku untuk pemohon Akta Kelahiran (AK) dan Kartu Keluarga (KK)," ujar Nining.
Masih dikatakan Nining, tata pengurusannya pun tidak sulit, masyarakat cukup mengisi formulir pembuatan akte kelahiran yang bisa didapat disetiap desa untuk diisi dan dilengkapi persyaratannya. "Masyarakat cukup mengisi formulir itu tersebut dan meminta tandatangan lurah serta camat," terang Ningsih, baru setelah itu lanjut dia diajukan ke Disdukcatpil karawang dan jika lengkap satu hari bisa selesai. Terkait lama dan ribetnya mengurus akta kelahiran sebetulnya ini sudah menjadi rahasia umum. Berbeda jika menggunakan jasa aparat desa maka prosesnya tidak lama. Cuma saja ada biaya jasa yang harus dikeluarkan yang mencapai ratusan ribu.
Sementara itu, terkait layanan sehari selesai itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karawang Yudi Yudiawan mengatakan Disdukcatpil saat ini memiliki layanan satu hari selesai. Untuk itu, kata Yudi, masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut dengan melengkapi dokumen yang diurusnya terlebih dahulu dan harus diurus sendiri oleh yang bersangkutan. Sementara menyinggung aksi percaloan di lingkungan dinasnya Yudi mengaku hal itu menjadi perhatian serius dirinya. "Aturan dan juga arahan terus dijelaskan setiap, bahkan apa yang menjadi temuan media langsung ditindak lanjuti dan akan menjadi urusan hukum," tandas Yudi.
Sebelumnya dijelaskan, sampai saat ini aksi jasa urus dokumen kependudukan masih berlangsung di Disdukcatpil. Dinas sendiri sulit memberantasnya karena memang sulit untuk dipantau. Aksi kongkalikong bisa diistilahkan seperti itu. Sebutan ini sudah familiar dikalangan masyarakat. Jika kata itu diucapkan maka siapapun harus maklum, kalau ini sudah merupakan mata rantai yang sulit diputus, kecuali membuang rantainya sekaligus ke irigasi. Kongkalikong inipun sudah familiar dikalangan warga yang mengurus kelengkapan dokumen kependudukannya, kalau praktek saling menguntungkan antara aparat desa atau kecamatan dengan oknum-oknum di Disdukcatpil masih berlangsung. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template