KPM PKH Desa Sampalan Bertambah 246 Orang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPM PKH Desa Sampalan Bertambah 246 Orang

KPM PKH Desa Sampalan Bertambah 246 Orang

Written By Angga Praditya on Selasa, 14 November 2017 | 18.00.00

KUTAWALUYA, RAKA- Jumlah penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Sampalan, Kecamatan Kutawaluya bertambah 246 KPM (Keluarga penerima manfaat). Data tersebut sudah divalidasi oleh pendamping PKH.
Data tersebut telah dilakukan verifikasi dan validasi (Verivali) oleh pendamping PKH Kecamatan Kutawaluyadi aula Desa Sampalan, Senin (13/11) kemarin. Sebelumnya, verivali sudah dilaksanakan di 3 desa yang berada di Kecamatan Kutawaluya, dan hal ini akan terus di lakukan hingga batas waktu yang sudah ditentukan.
Menurut salah satu Pendamping PKH Tim 1 Eka Ridwan Khaerul Umam S.Pd.I, penambahan calon KPM PKH tahun 2017 untuk Desa Sampalan berjumlah 246 peserta, sedangkan masyarakat yang non eligible berjumlah 32 orang. "Inilah fungsinya diadakan verivali, agar peserta calon KPM bisa didata dengan baik, yang akhirnya bisa tepat sasaran. Karena dalam setiap tahunnya pasti ada perubahan KPM," ujar Eka, kepada Radar Karawang.
Adapun, untuk KPM PKH tahun 2017 mengalami penambahan komponen. Yang sebelumnya hanya anak usia sekolah, ibu hamil dan balita, saat ini ditambah dengan komponen lanjut usia dan disabilitas. "Walaupun masyarakat mempunyai undangan, kalau dia tidak lengkap komponennya tetap saja tidak termasuk kategori KPM PKH," kata dia.
Masih kata Eka, dalam kegiatan verivali ini PKH juga meluncurkan alpikasi yang berbasis android. Harapannya agar pendamping ataupun masyarakat lebih dimudahkan dalam melakukan pendataan calon KPM. "Entri calon peserta KPM PKH tahun 2017 berbasis android yang dinamakan aplikasi e-PKH yaitu untuk mempermudah calon peserta PKH, karena langsung bisa difoto di tempat," terangnya.
Di tempat yang sama Koordinator Pendamping PKH Kecamatan Kutalwaluya, Ir Solihatul Alawiah mengatakan, jumlah dana yang bisa diterima oleh KPM PKH berjumlah Rp 500 ribu melalui 3 tahap. "Sekarang diplat, tahap 1, 2, dan 3 RP 500 ribu, tahap tiganya Rp 380/KPM dengan masa pencairan per triwulan. Jadi dalam satu tahun dilakukan 4 kali," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template