Kepsek Jabatan ke Tiga Diawasi Ketat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kepsek Jabatan ke Tiga Diawasi Ketat

Kepsek Jabatan ke Tiga Diawasi Ketat

Written By Angga Praditya on Rabu, 15 November 2017 | 18.30.00

TEMPURAN, RAKA - Ratusan kepala sekolah dasar akan kembali menjadi guru biasa setelah menjabat tugas tambahan selama delapan tahun. Sementara pemberian bonus jabatan ke tiga bagi Kepsek berprestasi masih dalam penggodokan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Rencananya nanti akan ada Peraturan Bupati (Perbup) sebagai payung hukumnya. 
Saat ini tim pengawas kinerja para kepsek ancang-ancang menggarap penilaian lanjutan kelayakan kepsek menjabat kembali empat tahun kedepan. "Jabatan ke tiga Kepsek memang sedang digarap Perbupnya, dengan kata lain Kepsek tidak bisa berlanjut menjabat kepsek sampai dengan pensiun karena periodesasinya masih diberlakukan," tandas
Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) Karawang, H Dadang Hermawan, Selasa (14/11).
Masih dikatakan Dadang, dalam klausul setelah 8 tahun menjabat dua periode, Kepsek masih bisa dapat bonus jabatan tambahan selama 4 tahun dengan syarat yang tercantum dalam Perbup yang masih dibahas. Salah satu klausul menguji kelayakan Kepsek yang bisa dapat tambahan perpanjangan jabatannya adalah hasil penilaian 8 standar dan prestasinya. Namun, hal itu tak semudah membalikan telapak tangan, sebab, Kepsek harus di uji dulu oleh Tim yang kemungkinan Pengawas akan terlibat didalamnya. "Pengawas kemungkinan akan dilibatkan sebagai tim penilai kelayakan kepsek yang bisa diperpanjang jabatannya yang ke tiga," katanya.
Pengawas SD UPTD Kecamatan Tempuran ini menambahkan, tidak seperti asesor akreditasi dimana para pengawas disilang dalam memberikan penilaian 8 standar. Para pengawas masing-masing kecamatan kemungkinan akan bertindak di wilayah kerjanya masing-masing. Karena, yang paham dan tahu akan kinerja dan prestasi Kepseknya adalah pengawas setempat. Karena itu, KKPS harus siap ambil bagian dalam tim penilai di wilayah kerjanya tersebut. "Kemungkinan dalam penilaian tidak seperti asesor disilang, tapi melibatkan pengawas di wilayah masing-masing," ujarnya.
Lebih jauh Dadang menambahkan, klasifikasi jabatan ke 3 Kepsek akan ditempatkan di sekolah yang lebih rendah, itu bukanlah keinginan dinas atau pengawas, tetapi sudah ada dalam aturan. Kepsek yang menjabat dua periode di sekolah Tipe A misalnya, harus pindah jika diamanahkan jabatan ke 3 di sekolah dengan tipe yang lebih rendah, misalnya tipe B.
Disinggung kemauan Kepsek nantinya, Dadang menilai mau tidak mau Kepsek harus mau dan mengikuti aturan jika diberi kepercayaan di jabatan ke 3. Syarat utama sekolahnya berprestasi, kinerja kepseknya bagus, siswanya juga berprestasi. "Kalau dipercaya saat diangkat, harus turun ke sekolah lebih rendah tipe klasifikasinya sesuai dalam Permen," katanya.
Dadang berharap, dalam penilaian jabatan ke 3 ini,  peran pengawas bisa semakin strategis, karena memang sudah terbiasa secara teknis pengawas Kemendiknas memiliki tugasnya seperti biasa, yaitu menilai, membjn masing-masing, mengevaluasi dan melaporkan. Karenanya, di jabatan ke 3 Kepsek ini, pengawas akan detail meninjau standar, isi, raport sekolah dan beragam kinerja lainnya. "Kita terbiasa membina, mengawasi, mengevaluasi dan melaporkan, sehingga sebatas jadi tim untuk menilai jabatan ke 3 memang tugas kami," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template