Kelompok Jengger Merah Organisir Peternak Ayam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kelompok Jengger Merah Organisir Peternak Ayam

Kelompok Jengger Merah Organisir Peternak Ayam

Written By Mang Raka on Jumat, 03 November 2017 | 17.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Berkembangnya peternakan ayam potong yang dikelola secara mandiri tumbuh signifikan. Namun, pengelolaan usaha ini belum modern. Manajemennya belum terususun dengan rapi.
Abdul Arif, aktifis di bidang pertanian dan ketahanan pangan mengatakan, tahun 2012 lalu dengan dibantu beberapa mahasiswa Karawang, dia melakukan penelitian budi daya ayam potong yang tersebar di wilayah Kabupaten Karawang. "Dalam penelitian tersebut di dapat beberapa temuan tetapi yang paling menonjol adalah management pemeliharaan dan sistem perkandangan yang belum sempurna sehingga sering terjadi gagal panen," katanya.
Kemudian, lanjut Arif, pihaknya mengadakan lokakarya pada 24 Juni 2012 di Kecamatan Telagasari dengan meminjam gedung pengairan. Pada lokakarya tersebut diundang para peternak ayam potong mandiri dan tenaga ahli di bidangnya untuk mencari jalan keluar atas permasalahan yang dihadapi peternak ayam potong mandiri. "Beranjak dari situlah, maka terbentuk lah Kelompok Peternak Jengger Merah," paparnya.
Menurut Arif yang didaulat peternak sebagai ketua kelompok, bahwa manajemen budi daya dan sistem perkandangan merupakan bagian dari kunci sukses beternak ayam potong. "Saat ini setelah hampir lima tahun berorganisasi, kami mempunyai mitra yang berpengalaman dalam pengembangan managemen budi daya secara modern dan mempunyai fasilitas yang mumpuni sebagai pusat pelatihan peternak mandiri yang tergabung dalam organisasi kelompok ternak Jengger Merah," kata pria yang juga aktifis Masyarakat Anti Korupsi ini.
Melalui pusat pelatihan yang terletak di Dusun Gebang Malang, Desa Sindangsari, Kecamatan Kutawaluya ini, lanjut Arif, diharapkan para peternak mampu mengembangkan kemampuannya untuk tetap eksis dan mendapatkan penghidupan yang layak dari budi daya ternak. "Disamping bekerja sama dengan investor, untuk meningkatkan kemampuan peternak, kami juga menggandeng Ir Alfie Zuhri sebagai konsultan untuk membimbing dan melatih peternak," paparnya.
Mengenai perizinan, Arif menjelaskan, walaupun sebagai pusat pelatihan yang nantinya digunakan kelompok peternak Jengger Merah dengan kapasitas produksi per siklus kisaran 15 ribu ekor, tetap menempuh perizinan sebagai mana mestinya. "Hal ini bisa dibuktikan dengan telah dikantonginya rekomendasi Dinas Pernanian/Peternakan bahwa lokasi tersebut layak untuk peternakan juga adanya IMB dan HO," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template