Karawang Siapkan Lahan KEK di Telukjambe - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karawang Siapkan Lahan KEK di Telukjambe

Karawang Siapkan Lahan KEK di Telukjambe

Written By Angga Praditya on Rabu, 15 November 2017 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Karawang, Bekasi, Purwakarta yang saat ini sedang dikaji Kemenko Kemaritiman, mendapat sambutan dari Pemerintah Kabupaten Karawang.
Kepala Bidang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Puguh T.H mengatakan, Pemkab Karawang sudah menyiapkan lahan untuk kawasan tersebut di kawasan industri Telukjambe Timur. "Kawasan tersebut tidak akan menggangu rencana tata ruang wilayah Karawang," ungkapnya kepada Radar Karawang, Selasa (14/11) kemarin.
Ia melanjutkan, berdasarkan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, kawasan ekonomi khusus di Pulau Jawa peruntukannya bukan untuk industri, karena kondisi sektor industri di Karawang, Bekasi, dan Purwakarta sudah sangat maju. Akhirnya, muncul wacana jika KEK di Karawang, Bekasi, dan Purwakarta lebih menjurus pada kawasan ekonomi terpadu. "Jadi konteksnya dalam KEK tiga kabupaten ini kawasan industri itu tidak masuk. Karena secara regulasi tidak masuk kalau mau dipaksakan. Akhirnya berkembang wacana untuk dijadikan kawasan ekonomi terpadu. Saat ini sedang dikaji oleh Kemenko Kemaritiman," ujarnya.
Dalam pertemuan tersebut, kata Puguh, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menawarkan konsep Karawang, Bekasi, Purwakarta menjadi kawasan mentropolitan yang terintegrasi dengan Jakarta. Dan nantinya ada kemudahan transportasi dan lainnya. Sehingga pengelolaannya langsung dari pemerintahan pusat. "Karena selama ini masih terpecah-pecah. Bekasi oleh Bekasi, Karawang oleh Karawang, Purwakarta oleh Purwakarta," ujarnya.
Menurut Puguh jika rencana itu terealisasi, maka pembangunan infrastruktur bisa langsung dikelola pemerintah pusat dalam satu badan pemerintah khusus. Alhasil, seluruh pengelolaan mulai dari infrastruktur, sistem logistik, tenaga kerja, maupun perizinan bisa terintegrasi. "Nanti akan dikaji terutama fokusnya ada di kawasan industri yang ada di Telukjambe. Saat ini sedang dikaji oleh pemerintah pusat," ujarnya.
Lebih jauh Puguh mengatakan, kawasan ekonomi terpadu ini jika sudah terbentuk dan berjalan dengan baik bisa menjadi kawasan ekonomi kelas dunia. "Sepanjang ini menjadi kebijakan pusat dan tidak menyalahi ketentuan dan perundang undangan, serta memberi manfaat kepada masyarakat Karawang, kita akan mendukung," tuturnya.
Dikaitkan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Karawang, Puguh menjelaskan tidak akan berbenturan karena nantinya wilayah yang akan dipakai disesuaikan dengan RTRW yang sudah ada. "Untuk lokasi di industri yang sudah ada, gak membuka lahan baru," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template