Karawang Butuh Lembaga Penampungan Bayi dan Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karawang Butuh Lembaga Penampungan Bayi dan Anak

Karawang Butuh Lembaga Penampungan Bayi dan Anak

Written By Angga Praditya on Jumat, 17 November 2017 | 20.00.00

Perkembangan Karawang yang begitu pesat, bahkan sampai menjadi buruan kaum urban seharusnya diikuti oleh perkembangan sarana dan prasarana umum. Salah satunya adalah tempat atau lembaga penampungan bayi dan anak yang diurus oleh pemerintah.
"Iyah, seharusnya Karawang punya lembaga penampungan bayi dan anak," kata Kepala Dinas Sosial Karawang, Setya Dharma kepada Radar Karawang baru-baru ini.
Dia juga menyampaikan, banyaknya anak jalanan dan tingginya mobilitas warga Karawang menjadi alasan utama harus adanya lembaga tersebut. Pertumbuhan industri juga sangat mempengaruhi banyaknya persoalan rumah tanga di Karawang, mulai dari bayi yang tidak terurus karena orang tuanya sibuk kerja dan persoalan-persoalan lainnya.
Pemerintah daerah sendiri sebenarnya sangat merespon untuk adanya lembaga tersebut. Hal itu terbukti dengan adanya intruksi dari Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana kepada dirinya untuk membuat lembaga yang menangani anak jalanan termasuk bayi yang tidak terurus. "Saya diinturksikan sama Ibu Bupati agar membuat lembaga penampungan bayi dan anak," akunya.
Intruksi tersebut disampaikan pada saat proses adopsi bayi dilakukan oleh Bupati. Untuk menindaklanjuti perintah tersebut, dia mengakui sudah melakukan komunikasi dengan lembaga atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain. "Saya sudah ke Pabbeda, tapi katanya belum bisa direncanakan di anggaran murni 2018, karena harus melalui e-planningkan," tuturnya.
Meski demikia, karena itu merupakan inturksi, maka akan didorong pada anggaran perubahan tahun 2018. Dia sendiri memperkirakan, untuk bisa membentuk lembaga tersebut, diperkirakan bakal menghabiskan anggaran Rp 2 miliar. "Untuk perencanaan sampai realisasi berbentuk bangunan, sekitar Rp 2 miliaran," ujarnya.Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk operasionalnya sendiri, nanti harus ada hitung-hitungan secara matang. Karena nanti harus emberikan gaji kepada para pengelola dan termasuk makanan yang disediakan tiap harinya. "Tapi yang terpenting nanti harus ada pengajiannya. Untuk memberikan pendidikan agama kepada anak yang ditampung," pungkasnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template